5 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone

Tip Sebelum Membeli Smartphone

Sebelum membeli sebuah smartphone tentunya Anda harus memperhitungkan dan memperhatikan setiap spesifikasi hardware yang dibawa. Jangan sampai Anda membeli kucing di dalam karung, alias memberi barang tanpa memeriksa dan mengeceknya terlebih dahulu.

Tip Sebelum Membeli Smartphone
Tip Sebelum Membeli Smartphone

Terlepas predikatnya yang berfungsi sebagai tolak ukur dari gaya hidup atau status sosial seseorang. Pemilihan smartphone perlu diperhatikan dan dipertimbangkan ketika akan 5 hal paling wajib kamu perhatikan dan pertimbangkan ketika akan membeli sebuah smartphone.

Jaringan

Jaringan
Jaringan

Apa jadinya jika smartphone yang Anda beli tidak mendukung konektivitas tercepat atau malah tidak mendukung jaringan yang ada di Indonesia. Terdengar menyedihkan bukan? Nah, sebelum membeli, ada baiknya untuk selalu mengecek modem jaringan dari smartphone tersebut.

Mengapa hal ini penting? Tak sedikit smartphone yang mengalami gangguan pada komponen modemnya sehingga tidak dapat mendukung jaringan yang ada di Indonesia. Untuk itu sekali lagi, pastikan smartphone tersebut sudah mendukung jaringan tercepat di Indonesia saat ini, yakni 4G-LTE.

Baterai

Baterai
Baterai

Hemat baterai merupakan hal wajib yang harus anda perhatikan dalam membeli smartphone. Jangan lupa untuk selalu perhatikan soal kapasitas baterai, karena faktor penentu daya hidup yang utama adalah kapasitasnya. Ketersediaan fitur baterai seperti turbo charging, penghemat daya baterai dan pengaturan modus baterai otomatis juga penting diperhatikan agar kita bisa mengatur konsumsi baterai lebih efisien.

Chipset

Chipset
Chipset

Pada hakikatnya, prosesor atau chipset memegang kendali penuh atas smartphone, performa hingga kualitas fitur yang dibawa. Bagi Anda yang belum mengerti, mulai saat ini ada baiknya untuk mengenal jenis-jenis chipset dan mencari informasi lebih detail mengenai komponen tersebut.

Sederet chipset terkenal, seperti buatan Qualcomm, Exynoss, Mediatek, Kirin, dan masih ada banyak lainnya yang menyuguhkan kemampuan serta kelebihan yang berbeda-beda. Chipset-chipset tersebut dibagi pula menjadi beberapa kelas diantaranya entry-level, mid-end dan high-end.

RAM

RAM
RAM

Random Access Memori (RAM) menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli smartphone. Bisa dikatakan, RAM merupakan komponen pendukung kinerja prosesor agar lebih baik. RAM berkolaborasi dengan prosesor dalam melakukan pengolahan data. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, smartphone akan lebih optimal dalam menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

Pengolah Grafis

GPU
GPU

Satu komponen ini seringkali terlewatkan dan tidak diperhatikan adalah GPU atau pengolah grafis yang terpasang. Padahal, komponen ini juga memegang peranan penting dalam sebuah smartphone. Perlu Anda ketahui, saat ini tak sedikit game dan aplikasi yang membutuhkan dukungan grafis dalam proses penggunaannya. Itu sebabnya ada beberapa game yang tidak dapat dijalankan pada smartphone dengan GPU lawas atau malah GPU yang terlalu up-to-date.

Itulah 5 Hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum membeli smartphone. Semoga tips ini bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *