Cara Mengatasi bateri hp tidak bisa di charge
Cara Mengatasi bateri hp tidak bisa di charge

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Dicharge

Posted on

Smartphone atau HP android saat ini merupakan perangkat komunikasi yang paling banyak digunakan didunia. Padahal nih kalau boleh kita jujur, hp konvensional atau hp jadul lebih tahan banting dan sangat minim terhadap masalah atau error, yah … paling – paling baterainya ngedrop. Dan salah satu persoalan yang sering kali menimpa hp android atau smartphone android adalah tidak bisa dicharge. Mengapa HP android android tidak bisa dicharge?.

Cara Mengatasi bateri tidak bisa di charge
Cara Mengatasi bateri tidak bisa di charge

Dan yang membuat aneh adalah tanpa ada angin dan hujan tiba-tiba smartphone android yang kita gunakan tidak bisa hidup, padahal sebelum tidur masih kita gunakan dan ketika pagi hari kedapatan mati dan tidak bisa nyala lagi.

Advertisement

Nah untuk diketahui oleh semuat pengguna smartphone Android bahwasanya pemeliharaan dan cara menggunakan smartphone yang bijak merupakan salah satu kunci bagaimana smartphone atau hp android kita awet dan terhindar dari masalah. Dan salah satu hal yang mesti kita perhatikan adalah kondisi baterai.

Baterai merupakan sumber utama hidup tidaknya smartphone android, oleh karenanya sebaiknya anda langsung mengecharge smartphone android yang anda miliki jika kondisi baterai sudah mencapai 30% dan hindari smartphone android anda kehabisan baterai yang akan menyebabkan smartphone mati sendiri.

Cara Mengatasi bateri hp tidak bisa di charge
Cara Mengatasi bateri hp tidak bisa di charge

Pada beberapa kasus smartphone atau hp android tidak akan bisa di charge apabila baterai dalam kondisi kosong atau 0%. Dan perlu dilakukan penanganan khusus untuk hal ini. Dan biasanya pemilik langsung akan membawa ke tempat service untuk diperbaiki, karena smarpthone mereka tidak bisa nyala lagi padahal sudah dicharge semalaman.

Berikut Tips mengatasi HP atau Smartphone android yang tidak bisa dicharge :

  • Smartphone android dengan baterai bisa dilepas (Removable). Untuk mengatasinya cukup mudah karena anda bisa mengatasinya sendiri. Buka casing atau tutup bagian belakang smartphone anda, keluarkan baterai, kemudian charge menggunakan charger dekstop atau charger jepit (kodok) sekitar 20 menit, jangan terlalu lama karena baterai bisa kembung dan rusak. Kemudian pasang kembali baterai dan nyalakan smartphone android anda baru kemudian charge seperti biasa.
  • Smartphone android dengan baterai tanam (Unremovable). Untuk smartphone tipe ini penanganannya bisa anda lakukan sendiri jika anda memiliki peralatan seperti oben khusus untuk membuka casing, karena smartphone tertentu menggunakan mur khusus yang membutuhkan obeng khusus. Setelah tutup belakang anda buka lepas baterai (ada beberapa smartphone menggunakan konektor socket pada baterainya) kemudian charge dengan charger khusus, biasanya tempat service memilikinya sekitar 10 menit, baru kemudian anda pasang lagi, atau anda bisa membuat charger yang anda modifikasi dari adaptor (perlu anda perhatikan keluarangan tegangan atau volt (dc) yang diijinkan baterai.

Selamat mencoba!!!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *