Touch Screen
Touch Screen

Cara Mengatasi Touch Screen Kurang Responsif di Android

Posted on

Ketika kita sedang asik Mengoperasikan smartphone kita dan merasakan hal yang cukup mengganggu yaitu Touchscreen yang tidak responsif terkadang kita kesal sendiri bukan?

Touch Screen
Touch Screen

Tapi jangan risau ada beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut sebelum itu kita juga harus mengenal apa penyebab dari tidak Responsif Touchscreen Perangakat smartphone kita.

Advertisement

Cara Mengatasi Touchscreen Android Error

Pertama, Anda cek terlebih dahulu tingkat sensitivitas layar sentuh di ponsel Anda. Caranya, silakan pergi ke bagian “Setting”. Kemudian, pilih opsi “Display” atau “Tampilan”. Kemudian, lanjut ke menu “Calibration”. Di sini, silakan ketik “#*#2664#*#* (tanpa tanda petik).

Anda akan melihat tingkat sensitivitas layar sentuh Anda. Jika hasil yang ditampilkan cukup rendah, sudah bisa dipastikan layar sentuh Anda tidak lagi responsif, dan waktunya ganti LCD.

Kedua, silakan restart ponsel Anda. Biasanya, layar sentuh yang tak responsif disebabkan aktivitas memori yang ada di RAM cukup banyak, bahkan melebihi batas memori. Karena itu, usahakan selalu rutin me-restart ponsel Anda agar tidak terlalu menanggung memori RAM yang berat.

Ketiga, matikan ponsel dan lepas baterai, sim card, dan microSD. Jika sudah, masukkan lagi, hidupkan, dan tunggu beberapa menit. Alasannya, sama seperti cara kedua, untuk mengurangi beban RAM sehingga layar sentuh bisa kembali responsif.

Keempat, bersihkan layar ponsel Anda. Matikan ponsel, lalu siapkan “Alkohol Isopropil” secukupnya, dan teteskan pada kapas, lalu gunakan untuk membersihkan layar ponsel Anda. Hal ini digunakan untuk menghilangkan bakteri, debu, kotoran, dll yang menghalangi layar ponsel.

Hmm itu dia penyebab dari Touchscreen kurang responsif dan Cara mengatasinya, Semoga Bermanfaat terimakasih atas kunjungannya Ke Solusiana

Gambar Gravatar

Seorang pemerhati dunia smartphone yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan analisa dan pengetahuan tentang smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *