Cara Mengecek Bad Sector Pada Hardisk Menggunakan Aplikasi

BadSector

Bad Sector pada hardisk terbilang menjadi momok yang cukup menakutkan bagi pengguna komputer, penyebab dari bad sector sendiri terbilang cukup banyak.

BadSector
BadSector

Sebelumnya perlu di ketahui pengertian Sektor adalah ruangan penyimpanan pada hardisk dan sektor yang buruk adalah sektor hardisk dimana data tidak dapat di tulis atau di baca karena kerusakan fisik atau inkonsistensi paritas dalam pemeriksaan bit pada hardisk.

Saat data yang di tulis pada sektor yang buruk data tersebut mungkin akan hilang atau rusak, namun ada juga beberapa sektor disk yang tidak terpengaruh. Jika bad sector disk sedikit Hardisk masih dapat di gunakan namun jika bad sektor pada hardisk sudah banyak anda di sarankan untuk mengganti Hardisk Baru.

Penyebab dari Badsector antara lain tengangan listrik yang tidak stabil saat hardisk melakukan proses baca dan tulis, selain itu melemahnya magnetik di piringan hardisk bisa menjadi penyebab tapi tidak hanya itu saja akibat guncangan atau getaran saat mengoperasikan komputer juga dapat menyebabkan badsector.

Nah jadi untuk anda yang ingin mengetahui apakah hardisk anda memiliki bad sector atau tidak anda dapat menggunakan Aplikasi Hard Disk Sentinel untuk melakukan pengecekan, hal ini terbilang cukup penting karena jika anda tau kondisi hardisk anda, anda dapat melakukan penanggulangan secara dini. Berikut ini cara test hardisk terkena bad sector atau tidak.

Cara Mengecek Bad Sector Pada Hardisk Menggunakan Aplikasi : 

  • Buka Aplikasi Hardisk Sentinel Anda

  • Kemudian Pilih Uji Permukaan

  • Kemudian Pilih Mulai Uji

  • Tekan Continue

  • Dan Amati disinilah hardisk akan ketahuan bad sector atau tidak, jika 1 kotak pada aplikasi berwarna merah maka 1sektor buruk(badsector), jika berwarna kuning sektor rusak sedangkan jika berwarna hijau kondisinya baik

Bagaimana cukup mudah bukan cara untuk mengetahui hardisk terkena badsector atau tidak? semoga bermanfaat terimakasih atas kunjungannya ke solusiana.com sampai jumpa lagi di postingan yang akan datang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *