Cara Mudah Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tak Berfungsi

Posted on

Touchpad merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki fungsi sangat peting dalam sebuah laptop. Karena touchpad ini fungsinya untuk menjalankan semua fungsi dari perangkat tersebut apabila tidak ada mouse. Jika touchpad ini bekerja kurang baik atau bahkan tidak bisa berjalan sama sekali maka ini akan menjadi masalah besar.

Advertisement

Nah dalam artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah touchpad yang tidak berfungsi.
Berikut Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang tidak berfungsi:

1. Touchpad Disabled
Nah bagi laptop kalian yang memiliki tombol untuk menonaktifkan touchpad sementara waktu, coba ditekan dijadikan enabled agar touchpad bisa kembali berfungsi seperti semula.
2. Install Ulang Driver
Untuk mengatasi touchpad tak berfungsi yang kedua, kalian bisa melakukan install ulang drivernya. Karena pada kasus touchpad tak berfungsi adalah driver yang belum diinstall atau ada masalah lain yang juga bisa terken virus maupun ada beberapa software yang bermasalah.
3. Install Ulang Sistem Operasi
Melakukan install ulang sistem operasi yang terdapat di dalam perangkat laptop kalian. Hal ii dikarenakan bisa saja sistem operasinya rusak atau terserang virus yang mengakibatkan beberapa fitur tidak berfungsi.
4. Membersihkan Touchpad
Jika masih belum berfungsi, sebaiknya kalian bongkar laptopnya untuk membersihkan touchpad karena kemungkinan touchpad kalian kotor.
5. Ganti Touchpad Yang Baru
Jika cara pertama sampai dengan yag keempat tidak berhasil, maka sebaiknya kalian mengganti touchpad kalian dengan yang baru.

Nah untuk kalian yang mengalami masalah touchpad tersebut, bisa dicoba cara diatas dan semoga berhasil 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *