Cara Screenshot
Cara Screenshot di Perangkat Android

Cara Screenshot di Perangkat Android

Posted on

Pernah mendengar atau melakukan Screenshot atau printscreen jika di komputer?. Terkadang memang kita perlu tahu bagaimana cara mengambil gambar yang sedang diaktif dilayar perangkat android, smartphone ataupun tablet android. Karena tak jarang kita perlu mengklarifikasi atau sekedar konfirmasi jika kita sudah melakukan transfer misalnya, atau kita ingin menyimpan kode tertentu yang tidak mungkin kita hafal, maka dengan mengambil screenshot merupakan cara yang paling tepat. Lantas bagaimana cara screenshot diperangkat android?.

Cara Screenshot, aplikasi screenshot
Cara Screenshot di Perangkat Android

Beberapa smartphone menawarkan cara screenshot tersendiri guna memudahkan penggunanya dalam mengambil apa yang sedang tampil dilayar atau screenshoot. Beberapa smartphone menggunakan kombinasi tombol power dan volume up dalam mengambil screenshot, sedangkan Samsung memanfaatkan apa yang mereka sebut dengan TouchWiz dan mengenal istilah LG UX.

Advertisement

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika mengambil screenshot, maka gambar yang dihasilkan adalah apa yang tampak secara keseluruhan dalam layar perangkat android anda, lantas bagaimana jika kita ingin mengambil bagian tertentu saja dari apa yang tampak dilayar. Tentu cara umum yang kita gunakan adalah dengan mengeditnya dengan memanfaatkan opsi cropping dalam aplikasi gambar.

Mungkin bagi anda yang sering melakukan screenshot di komputer anda akan menggunakan aplikasi lightshot, aplikasi yang memungkinkan kita untuk mengambil bagian mana yang kita inginkan. Nah, di perangkat androidpun anda juga bisa melakukan hal yang sama, yakni mengambil bagian tertentu dari layar tanpa harus melakukan editing/crop.Cara Screenshot di Perangkat Android

Cara Screenshot
Cara Screenshot di Perangkat Android

Caranya cukup mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Instal aplikasi Screenshot Crop & Share.
    Aplikasi ini merupakan apliaksi yang begitu memudahkan kita untuk melakukan screenshoot diperangkat android apapun. Dan lebih menyenangkan bagi anda tentunya jika dikatakan bahwa aplikasi ini diberikan secara gratis. Silahkan klik disini untuk download.
  • Grant Required Permissions
    Setalah anda download dan install, langsung saja anda jalankan aplikasinya. Nah disini pada peluncuran pertama aplikasi Screenshot Crop & Share ini anda akan diminta untuk mengijinkan akses (Grant Permissions), jadi anda ijinkan aplikasi ini untuk mengakses beberapa hal biasanya yang berkenaan dengan folder image.
  • Ambil Screenshot
    Langkah terakhir adalah waktunya mengambil screenshoot. Screenshot dapat dilakukan dengan mudah, cukup jalankan aplikasinya, kemudian tap pada opsi : Floating bubble, maka dipojok kiri atas akan muncul icon kamera, sentuh ikon kamera tersebut dan akan memunculkan beberapa opsi diantaranya :Full screenshot, Partial Screenshot, Screenshot (Cut (Navigation bar), Screenshot (cut status bar) dan Screenshot   (cut system bar). Silahkan tap opsi Partial screenshot untuk mengambil bagian tertentu dari layar, anda tinggal arahkan jari telunjuk anda dilayar (tap and drag / sentuh dan tarik) pada area mana yang akan anda ambil (screenshot).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *