Dampak baik Dan buruk Menghapus Cache Yang Perlu Anda Tahu!

Menghapus cache pada smartphone android pasti sudah sering kita lakukan. Karena seperti yang kita dengar atau kita baca kita dianjurkan untuk sering melakukan clear cache pada setiap aplikasi yang ada dismartphone kita dengan tujuan untuk menambah space penyimpanan. Karena tak jarang kita menemui kondisi dimana kita tidak bisa menginstall aplikasi tertentu yang dikarenakan memori tidak cukup.

Hal yang anda lakukan juga pernah atau mungkin sering penulis lakukan. Karena memang sih setelah kita menghapus cache (clear cache) space penyimpanan akan naik secara drastis. Tapi apakah memang benar jika kita perlu membersihkan cache setiap saat?.

Perlu kita sadari jika sebenarnya menghapus file-file tertentu temasuk cache akan memiliki dampak tertentu yang mungkin kita belum ketahui. Oleh karena itu, kami ingin berbagi info apa sih sebenarnya keuntungan dan kerugian yang akan kita dapat saat kita sering-sering menghapus cache.

Keuntungan menghapus cache

Dampak Baik Menghapus cache  Dengan mengahpus cache dapat membuat smartphone anda semakin erasa lebih ringan . Hal ini dikarenakan berkaitan dengan kapasitas  memori internal. Saat cache dihapus disitu pula ruang dalam memori internal akan bertambah dan membuat smartphone terasa lebih nyaman digunakan.tidak hanya itu , Aplikasi yang sering eror seperti macet atau lemot , juga bisa kembali normal dengan menghapus cache .

Banyak pengguna malas menghapus cache karena takut data cache yang dihapus merupakan data-data yang tersimpan dan jika tidak dihapus akan mengakibatkan smartphonennya nge-lag atau lemot   cache merupakan sampah yang wajib dihapus dan saat terhapus data anda tidak akan hilang.

Kerugian atau dampak buruk menghapus cache

Dampak Buruk Menghapus Cache  Walau secara keseluruhan menghapus cache tidak berdampak buruk bagi smartphone, tetapi ada efek lain yang mungkin tidak disukai semua orang. Pasalnya ketika cache dihapus, loading aplikasi akan lebih lama dari sebelumnya.

Hal tersebut sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena sifatnya hanya sementara. Namun memang sedikit menyebalkan jika harus menunggu lebih lama dari biasanya. Efek lainnya adalah baterai akan cepat terkuras setelah menghapus cache. Hal ini karena sistem harus memulai lagi dari awal, sehingga membutuhkan tenaga lebih tinggi daripada menyalakan ulang ataupun mengakses memori yang telah tersimpan. Itu sebabnya baterai terasa lebih banyak terkuras setelah melakukan penghapusan cache.

Semoga Bermanfaat dan Selamat Membaca 🙂


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *