Fujitsu Mengumumkan Teknologi Pendingin Prosesor Smartphone Yang 5x Lebih Ampuh

fujitsu_cooling_3

Jika pada pameran MWC 2015 lalu itu Fujitsu sempat memamerkan sebuah scanner iris (selaput pelangi) untuk produk smartphone, kini Fujitsu mengumumkan sebuah teknologi baru untuk meredam panas yang ditimbulkan oleh kinerja prosesor di dalam ponsel.

Solusi baru dari Fujitsu ini bakal memanfaatkan ruang khusus untuk penguapan serta pipa penyalur panas. Pipa penyalur panas saat ini sudah umum digunakan di sejumlah produk ponsel dan tablet, yaitu dalam wujud tabung tembaga mini yang diisi dengan sebuah cairan khusus untuk meredam panas dari prosesor. Pipa tersebut kemudian digunakan untuk menyebarkan panas ke berbagai bagian demi mencegah prosesor mengalami overheat. Cairan di dalam tabung kemudian menguap pada tiap kali prosesor mencapai titik terpanas, juga bisa kembali memadat (kembali menjadi cairan) pada titik terdingin.

Kehebatan solusi buatan Fujitsu terletak pada kemampuan menghilangkan panas yang 5x lipat lebih tinggi ketimbang solusi serupa dari perusahaan lain. Ruang penguapan buatan Fujitsu memiliki permukaan yang lebih besar, dan posisinya terletak tepat di atas prosesor untuk mempercepat proses kondensasi cairan yang sebelumnya telah menguap gara-gara proses penyebaran panas tadi. Solusi buatan Fujitsu juga sangat padat dan rapat; tingkat ketebalan untuk ruang penguapan cuma 0,6mm, sementara piringan kondensasinya mencapai 1mm.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *