Kamera error, Kamera Gagal, Kamera android rusak, cara mengatasi kamera gagal
Kamera smartphone android tidak bisa digunakan

Penyebab Dan Solusi Kamera Smartphone Android Tidak Bisa Digunakan

Posted on

Tak jarang kita mendapati smartphone android yang kita miliki menjengkelkan tepat disaat kita membutuhkan. Semisal pada acara akad nikah saudara atau sahabat kita, kita ingin mengabadikannya dengan bidikan kamera smartphone kita, eh… ternyata saat kita buka aplikasi kamera tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali muncul tulisan “Kamera Gagal” atau tidak ada muncul pesan apapun hanya layar yang gela atau lucunya lagi terkadang yang muncul dilayar hanya wajah kita, artinya hanya kamera depan yang bisa digunakan.

Kamera error, Kamera Gagal, Kamera android rusak, cara mengatasi kamera gagal
Kamera smartphone android tidak bisa digunakan

Sebelum anda memutuskan membawa ke tempat service sebaiknya anda ingat – ingat terlebih dahulu, apa yang anda lakukan terakhir kali sebelum kamera anda bermasalah. Beberapa hal yang bisa menyebabkan kamera gagal dijalankan diantaranya adalah

Advertisement
  • Kita menjatuhkan smarpthone android yang kita miliki. Jika ini yang terjadi kemungkinan besar kerusakan terletak pada kamera atau komponen terkait didalamya. Dan solusinya pasti anda bawa ke tempat service.
  • Menggunakan Powerbank secara terus menerus. Sobat solusiana satu hal yang perlu anda ketahui sebelum anda menggunakn powerbank, ada baiknya anda teliti tegangan dan arus keluarnya sesuai nggak dengan yang dibutuhkan perangkat android anda. Jika tidak maka pemakaian yang terus menerus bisa menyebabkan perangkat panas dan mengalami kerusakan biasanya sih yang rawan adalah IC LCD nya atau perangkat lainnya. Jika ini yang anda lakukan maka solusinya adalah membawa ke tempat service.
  • Kemungkinan yang ketiga adalah anda tidak menjatuhkan dan tidak pula menggunakan sembarang powerbank. Maka sebelum anda membawa ke tempat service coba anda lakukan tips berikut ini.
    1. Pertama buka menu Setting -> APL, kemudian cari aplikasi kamera yang anda miliki tap dan setelah tampil halaman detail tekan tombol “Clear Cache / Delete Cache” . Selanjutnya reboot perangkat android anda. Jika masih error coba cara kedua.
    2. Cara Kedua, Donwload dan install aplikasi foto lain – selain yang ada saat ini di perangkat android anda.
    3. Cara Ketiga jika masih, hapus semua aplikasi kamera selanjutnya reboot perangkat anda. Cari dan download serta install kembali aplikasi kamera yang anda sukai.
    4. Cara keempat, Cara terakhir adalah dengan melakukan reset factory dengan masuk ke Sistem -> Security -> Kembali ke pengaturan pabrik.

Perlu anda ketahui reset factory akan menghapus semua data yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *