Tips: Cara Mengetahui Laptop Yang Overheat Dan Cara Mengatasinya!

Posted on

Banyak pengguna yang sudah memakai laptop setiap harinya, seperti bermain game, belajar, maupun bekerja. Namun beberapa laptop yang digunakan cukup lama apalagi untuk kinerja berat seperti game adalah overheat. Jangan biarkan laptop anda mengalami Overheat secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama karena bisa merusak beberapa komponen vital di dalamnya.

Advertisement

Nah dalam artikel kali ini saya akan memberikan tips untuk mengetahui dan mengatasi Laptop yang mengalami Overheat. Anda harus menggunakan aplikasi yang bernama CPUID HWMonitor untuk mengetahui semua suhu dan juga kierja komponen laptop. Dalam aplikasi ini dapat menampilkan semua komponen yang berada di perangkat tersebut mulai dari CPU, VGA dan juga Hdd.

Berikut Cara Mengatasi Laptop Overheat :

  • Underlock VGA
    Cara yang pertama anda dapat menurunkan kinerja VGA laptop gaming dan untuk prosesnya tidak berlangsung lama hanya 2 sampai 5 menit saja. Dalam underlocking VG ini kita bisa memanfaatkan aplikasi seperti MSI Afterburner yang cukup ampuh dan dapat dipercaya untuk mengendalikan performa VGA Laptop anda.
  • Mengatur Kinerja VGA di BIOS
    Laptop yang memiliki CPU yang dapat di overlocking sat dapat disesuaikan dengan kebutuhan hanya melalui BIOS, terlebih lagi speed fan Prosessor dapat diatur. Caranya anda harus masuk ke menu BIOS kemudia pilih cpu dan pilih fan Performances Mode untuk memaksimalkan kinerja Fan CPU laptop anda.
  • Mengganti Thermal Paste
    Untuk mengatasi laptop yang overheat anda harus mengganti Thermal Paste yang berada di CPU, ketika paste ini sudah kering bisa jadi penyerapan suhu procie bisa jadi tidak maksimal dan cepat panas. Saran saya anda harus menggunakan Thermal Paste yang kualitasnya terbaik supaya bisa tahan lebih dari 1 tahun.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *