Vanbook W80

[ Tips ] Hard reset Windows 8.1

Posted on
Vanbook W80
Vanbook W80

Bagi kita pengguna Windows Phone, pasti sudah familiar bagaimana cara untuk melakukan factory reset atau istilah umumnya adalah hard reset. Bagi pengguna Windows 8.1, terutama pengguna tablet, ada cara berbeda yang dilakukan untuk hard reset Windows 8.1.

Advertisement

Cara ini sudah saya praktekkan di Windows tablet dan berjalan dengan baik. Seharusnya tips ini juga berfungsi di PC/Laptop dengan sistem operasi Windows 8.1. Oke jadi begini caranya melakukan hard reset di Windows 8.1:

1. Masuk ke Setting (pengguna layar sentuh bisa lakukan dengan cara melakukan swipe dari kanan ke kiri. Pengguna non-touch, arahkan kursor mouse ke pojok kanan bawah) -> Change PC Setting.

2. Pilih Update and Recovery.

3. Pilih Recovery.

4. Nanti akan ada tiga menu pilihan, yaitu
-Refresh your PC without affecting your files. Ini berguna untuk melakukan refresh OS tanpa harus kehilangan file       dan aplikasi (mungkin mirip soft reset pada Windows Phone).

-Remove everything and reinstall Windows. Ini yang akan kita pilih jika ingin melakukan hard reset.

-Advance Startup. Ini untuk memilih startup disk pertama saat PC pertama kali nyala.

5. Pilih menu nomor dua, dan akan muncul peringatan.

6. Setelah itu akan muncul dua pilihan yaitu:
-Just remove my files.
-Fully clean drive. Karena kita ingin melakukan hard reset, maka pilih menu ini.

7.Silakan tunggu hingga proses selesai.

Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan hard reset adalah, pastikan kalian melakukan backup semua file penting yang ada. Kemudian pastikan juga baterai dalam keadaan penuh/tertancap ke kabel power. Yang perlu diperhatikan lagi adalah, silakan coba tips ini degan resiko dan tanggung jawab sendiri.

Gambar Gravatar
Seorang pemerhati dunia smartphone yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan analisa dan pengetahuan tentang smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *