Tips Melindungi Akun Facebook dan Instagram Anda

Di jaman sekarang banyak sekali masyarakat yang menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Namun pengguna juga merasa khawatir terhadap keamanan akun, karena saat ini semakin banyak hacker yang meretas akun seperti Facebook dan Instagram.

Jika akun anda sudah diretas maka bisa digunakan untuk hal yang berbahaya seperti menipu orang lain. Nah Dalam artikel kali ini saya akan memberikan tips agar akun anda aman.

Berikut cara melindungi akun facebook dan instgram anda:

  1. Membuat Password yang Sulit dan Strong
    Untuk keamanan akun, seperti Facebook dan Instagram anda harus membuat password yang sulit dan strong yang tidak mudah ditebak orang lain. Namun kebanyakan pengguna sekarang menggunakan password menurut tanggal lahir yang mudah ditebak. Saran saya jika anda ingin membuat password, buatlah password yang panjang dengan menggunakan kombinasi huruf, angka dan juga simbol yang membuat password itu sulit ditebak. Kalau anda takut lupa dengan password anda yang panjang tulis di memo smartphone anda sekiranya orang tidak mengetahuinya.
  2. Mengaktifkan Two-Factor Authentication
    Media Sosial Facebook dan Instagram kini diketahui sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang bernama Two-Factor Authentication. Dengan mengakftifkan fitur tersebut, maka saat anda login pada perangkat lain yang tidak biasa anda gunakan, akan secara otomatis mengirimkan notifikasi melalui aplikasi Facebook atau Instagram pada smartphone serta harus juga memasukan password.
  3. Jangan Sembarangan Mengklik Link
    Untuk melindungi akun anda pada media sosial seperti Facebook dan Instagram jangan mengklik link misterius, karena bisa jadi link tersebut anda bisa terkena jebakan phising seperti mengarahkan anda untuk masuk ke akun Facebook dan jika hal itu terjadi maka abaikan saja.
  4. Jangan Pernah Simpan Password di Browser
    Jika anda ingin masuk ke akun Facebook dan Instagram biasanya akan muncul notifikasi apakah anda ingin menyimpan password, lebih baik anda klik yang tidak karena seperti itu akan membuat akun anda terasa aman. Jika anda sudah keluar dari media sosial seperti Facebook dan Instagram lewat browser lebih baik anda hapus historynya.

Nah bagi kalian yang ingin membuat akun ikuti saran diatas agar tidak mudah diretas , semoga bermanfaat dan jangan lewatkan berita menarik lainnya disini 🙂


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *