Overheat
Overheat

Tips Memantau Suhu Komponen Komputer Dan Laptop

Posted on

Sebelum saya memberikan tips mengenai memantau suhu pada komputer ataupun laptop anda harus tau definisi dari Overheat. Overheat adalah sebuah kondisi yang di timbulkan dari panas yang cukup berbahaya karena dapat merusak prosessor ataupun komponen lain.

Overheat
Overheat

Untuk anda yang penasaran dan ingin tau cara memantau suhu pada komputer dan laptop, anda dapat menggunakan aplikasi yang tertera di bawah ini.

Advertisement

Sebelum anda melakukan pemantauan pada suhu komputer anda, terlebih dahulu anda harus mendownload aplikasi bernama HW Monitor, anda dapat mendownloadnya dari Google, setelah itu anda melakukan instalasi software sesuai prosedur.

Pemantauan Suhu
Pemantauan Suhu

Selain dapat memantau suhu pada komponen komputer aplikasi ini juga dapat memantau RPM Cooler kita. Pada saat ini saya menggunakan Cooler Master Hyper 212X Dual-fan.

Pada gambar di atas sudah dapat terlihat temperatures dari Core prosessor kita dalam suhu idle(atau saat kita tidak melakukan apa-apa) suhu prosessor normal dapat berjalan 33C-50C namun saat dalam keadaan Full load suhunya 50C-70C.

Ciri dari Overheat yang dapat kita ketahui komputer akan merestat sendiri, semisal setelah me-restat ketika kita sampai di windows atau tampilan awal tiba-tiba komputer merestat lagi dan berulang kali. Cara untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mengganti Thermal paste pada prosessor dan menyesuaikan TDP dengan Coolernya.

Semisal pada komputer saya yang menggunakan Intel Xeon E5430 Mod LGA 775 dengan TDP 80W saya harus mencari Cooler dengan Support TDP diatas prosessor saya, selain itu kita harus memperhatikan Thermal paste yang kita gunakan karena thermal paste berperan penting dalam mendinginkan suhu.

Aplikasi HWMonitor ini juga dapat memantau suhu pada hardisk, untuk hardisk suhu maksimalnya adalah 50C, tidak hanya itu saja anda juga dapat memantau suhu pada VGA anda.

Gambar Gravatar

Seorang pemerhati dunia smartphone yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan analisa dan pengetahuan tentang smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *