5 Cara Mengobati Vertigo Secara Alami

5 Cara Mengobati Vertigo Secara Alami 1

Pada dasarnya vertigo bukan merupakan penyakit, melainkan sebuah gejala akibat adanya gangguan sistem saraf pusat dan perifer. Vertigo ditandai dengan sensasi kepala atau lingkungan sekitar penderita yang berputar-putar. Umumnya gejala vertigo akan membuat seseorang kehilangan keseimbangan dan kesulitan untuk bergerak apalagi berjalan.

Seseorang yang mengalami vertigo akan merasakan sakit kepala yang luar biasa sehingga lingkungan sekitar terasa seperti berputar putar. Kondisi seperti ini tentu sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas, karena keseimbangan tubuh  terganggu. Jangankan untuk berjalan normal, seorang penderita vertigo akan sangat kesulitan untuk berdiri karena timbul perasaan seolah-olah ingin jatuh. Oleh karena itu, bila vertigo menyerang, si penderita hanya mampu beristirahat di tempat tidur sampai kondisinya membaik.

5 Cara Mengobati Vertigo Secara Alami 2
Cara Mengobati Vertigo Secara Alami

Untuk mengatasinya, biasanya penderita vertigo akan mengonsumsi obat khusus vertigo. Meskipun dipercaya dapat mengatasi vertigo, namun sebaiknya jangan sampai ketergantungan pada obat-obatan kimia. Dikhawatirkan akan timbul masalah kesehatan lain mengingat sebagian besar jenis obat-obatan medis memiliki efek samping yang  tidak baik kesehatan tubuh. Oleh karena itu, adaa baiknya jika Anda mamanfaatkan bahan alami untuk mengurangi gejala vertigo. Bahan-bahan yang digunakan sangatlah mudah didapatkan dan juga diolah sehingga sangat direkomendasikan sebagai obat pendamping untuk mengobati vertigo.

Ciri-ciri / Gejala Penyakit Vertigo

  • Rasa sakit kepala yang sangat hebat.
  • Pusing saat kepala digerakkan
  • Rasa ingin muntah disertai dengan mual yang hebat.
  • Timbulnya keringat dingin.
  • Reaksi mata yang kurang peka sehingga jika ada gerakan mendadak maka kepala menjadi lebih pusing.
  • Penglihatan menjadi buram dan semua benda terlihat ganda.
  • Gangguan pendengaran saat sakit kepala.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Tubuh terasa lemas dan sulit beraktifitas.

Jadi, Vertigo tidaklah sama dengan sakit kepala biasa/migrain.

Obat Alami Untuk Penyakit Vertigo

Berikut beberapa obat yang bisa Anda gunakan untuk mengobati vertigo dengan memaanfaatkan bahan-bahan alami:

1. Lada Merah

Obat vertigo alami yang ketiga adalah lada merah. Cara konsumsi lada merah cukup mudah, Anda hanya perlu menjadikannya sebagai bahan masakan. Lada merah mampu menjadi obat vertigo alami karena lada merah banyak mengandung Capsaicin. Kandungan satu ini memiliki khasiat untuk melancarkan aliran darah menuju telinga bagian dalam dan ke otak serta menyeimbangkan jumlah trombosit.

2. Daun Selasih

Obat vertigo alami selanjutnya adalah daun selasih. Banyak orang yang tidak dapat membedakan antara daun selasih dan daun kemangi karena keduanya mirip dan sama-sama merupakan jenis daun basil. Selain bijinya banyak dimanfaatkan untuk dijadikan campuran minuman, daun selasih ternayta memiliki manfaat untuk kesehatan.

Daun selasih berguna untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan juga mengurangi gejala vertigo. Hal ini disebabkan oleh daun selasih yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Berbeda dengan kemnagi, daun selasih atau basil tidak dapat dikonsumsi sebagai lalapan. Anda bisa mengonsumsi daun basil sebagai obat vertigo alami dalam bentuk potongan bubuk daun maupun teh.

3. Jahe

Obat vertigo alami selanjutnya adalah tanaman jahe. Bumbu dapur yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan mampu untuk melancarkan peredaran darah sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh juga bisa menjadi lebih lancar. Cara mengolah jahe sebagai obat vertigo juga sangat mudah. Anda hanya perlu merebus jahe atau menyeduh bubuk jahe dengan air panas. Hasil rebusan atau seduhan tersebut bisa Anda campurkan dengan madu dan daun mint agar lebih beraroma dan rasanya lebih enak.

4. Sambiloto

Obat vertigo alami selanjutnya berasal dari tanaman liar bernama sambiloto. Tanaman ini kaya akan kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Manfaat ini menjadikan sambiloto ampuh untuk mengurangi vertigo. Cara menggunakan samiloto sebagai obat vertigo sangat mudah. Anda hanya perlu merabus dauh sambiloto lalu meminum air rebusan tersebut. Jika sulit untuk menemukan daun yang satu ini, Anda bisa meminum jamu sambiloto yang banyak dijual di toko jamu atau tukang jamu keliling.

5. Cocor Bebek

Selain tanaman sambiloto, cocor bebek juga merupakan tanaman dengan kandungan flavonoid yang ampuh untuk menangkal radikal bebas dan berbagai virus yang menghampiri tubuh. Cara menggunakan cocor bebek sebagai obat vertigo adalah dengan cara mengompres dahi menggunakan daun ini.

Caranya adalah tumbuk 10-15 helai daun cocor bebek hingga hancur dan tambahkan sedikit garam. Lalu oleskan daun yang sudah hancur ke bagian dahi hingga ke pelipis. Lakukan setiap hari atau dua kali sehari jika diperlukan.