5 Langkah Mudah Membuka Control Panel Komputer atau Laptop

Icon Control Panel

Anda tau Control Panel? Tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan fitur yang satu ini. Control panel merupakan menu pada OS windows yang digunakan untuk melihat dan memanipulasi pengaturan sistem dasar. Melalui control panel, Anda dapat mengontrol akun pengguna, menambah hardware, mengelola konsumsi daya, uninstall aplikasi, dan lain sebagainya.

Control Panel
Control Panel

Nah, pada postingan kali ini, saya akan memberikan cara mengenai bagaimana cara membuka control panel di Windows 7 dengan mudah. Windows 7 bisa dibilang windows lama tapi masih populer dan memiliki banyak pengguna, mungkin Anda salah satu penggunanya.

5 Langkah Mudah Membuka Control Panel Komputer atau Laptop

1. Melalui Search Pada Tombol Start

Salah satu cara tercepat untuk membuka Control Panel di Windows adalah melalui kotak pencarian Cortana. Klik tombol Start, Pada Kolom Pencarian, ketik Control Panel kemudian klik hasil pencarian yang sesuai.

Control Panel 1
Control Panel 1

2. Melalui Shortcut Control Panel Pada Desktop

Anda dapat menambahkan Shourcut Control Panel desktop untuk dapat mengakses Control Panel dengan cepat. Caranya, klik kanan pada Control Panel => Show on Desktop.

Control Panel 2
Control Panel 2

3. Melalui Control Panel di Taskbar

Buka menu Control Panel menggunakan cara pertama di atas kemudian klik kanan pada ikon Control Panel lalu pilih Pin to Taskbar. Shortcut Control Panel sekarang akan disematkan di Taskbar dan Anda dapat mengaksesnya dengan cepat.

Control Panel 3
Control Panel 3

4. Melalui Windows Run

Selain ketiga cara diatas, Anda dapat menggunakan Windows Run untuk membuka control panel. Cara membuka Windows Run adalah dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard kemudian ketikan Control Panel dan klik OK atau Enter seperti gambar dibawah ini.

Control Panel 4
Control Panel 4

5. Melalui Command Prompt

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan Command Prompt. Pertama, Anda harus membuka command prompt terlebih dahulu baik yang sebagai administrator ataupun tidak. Untuk membuka command prompt, Anda dapat melalui fitur Search atau Windows Run. Dari semua cara tersebut, pilihlah cara yang paling mudah menurut Anda.

Control Panel 5
Control Panel 5

One thought on “5 Langkah Mudah Membuka Control Panel Komputer atau Laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.