5 Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

5 Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips kesehatan, yaitu tips menurunkan kolesterol tinggi dengan menggunakan bahan alami. Kolesterol terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Oleh karena itu sangat penting memeriksa kolesterol pada tubuh kita.

5 Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami
5 Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Kolesterol memiliki beberapa jenis, yaitu pertama adalah kolesterol LDL. Jenis kolesterol inilah yang berbahaya bagi tubuh. Sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk batas kolesterol pada tubuh kita adalah 160-200 Mg. Apabila kolesterol pada tubuh anda melebihi batas normalnya, anda harus tahu bagaimana cara menurunkannya.

Kolesterol tidak hanya mengincar orang tua saja, anak-anak pun bisa mempunyai kolesterol tinggi. Penyebab dari semua ini dikarenakan makanan-makanan yang berlemak. Semakin banyak makanan yang berlemak pada tubuh kita maka semakin besar pula kolesterol pada tubuh kita. Untuk mengatasi semua itu anda bisa mencegahnya dengan berbagai cara salah satunya dengan cara alami berikut ini.

Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami :

1. Olahraga
Tips pertama ini memang terlihat gampang, akan tetapi sulit dilakukan oleh orang. Olahraga merupakan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang tidak memiliki efek samping. Cukup dengan olahraga ringan saja seperti lari, bersepeda dan jalan sehat.

2. Kulit manggis
Kulit manggis memang terkenal dengan kaya khasiatnya, salah satunya dapat menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh kita. Untuk cara penggunaanya anda bisa memblender kulit manggis tersebut dan meminumnya secara rutin.

3. Air Jeruk Nipis
Jeruk nipis kaya akan flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Untuk penggunaanya cukup meminum air jeruk nipis yang hangat setiap pagi dan malam.

4. Mengonsumsi Jambu merah
Jambu merah mengandung anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium yang sangat cocok untuk menurunkan kolesterol tinggi. Untuk cara penggunannya anda bisa langsung memakan jambu merah atau mengejusnya.

5. Mengonsumsi apel.
Apel mengandung pectin yang mampu menurunkan kolesterol tinggi. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses. Untuk cara penggunaanya anda dapat memakan secara langsung atau membuat jus apel.

Itulah bahan alami untuk menurunkan kolesterol tinggi yang ada pada tubuh anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya, tetap di solusiana.com.