8 Cara Mudah Memutihkan Bola Mata Secara Alami

8 Cara Mudah Memutihkan Bola Mata Secara Alami 1

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Dengan mata, Anda bisa melihat keindahan dunia. Namun mata juga salah satu indra manusia yang paling sensitif karena tidak boleh tersentuh atau kemasukan benda meskipun benda tersebut sangat kecil dan halus. Oleh sebab itu kita harus menjaga supaya mata kita tetap sehat dan bersih.

Mata mempunyai sifat yang sangat sensitif, maka membuat kita sangat sulit untuk menjaga kesehatan mata. Banyak sekali penyebab mata kuning, yang menjadikan kesehatan mata kita berkurang, apalagi dijaman modern sekarang ini pastinya akan menjadi masalah besar bagi kesehatan mata kita.

8 Cara Mudah Memutihkan Bola Mata Secara Alami 2
8 Cara Mudah Memutihkan Bola Mata Secara Alami

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjernihkan bola mata Anda:

1. Kompres dengan Air Dingin

Celupkan kain bersih pada air dingin atau air yang dicampur dengan es batu. Kemudia peras dan kompreskan pada mata. Air yang dingin berguna untuk membuat mata menjadi relaks dan segar sehingga bisa membuat warna mata lebih segar.

2. Kompres dengan Mentimun

Mentimun adalah sumber buah alami yang sangat penting untuk mengatasi kelelahan dan iritasi mata. Biasanya  banyak orang menggunakan mentimun untuk menghilangkan kantung mata yang berlebihan. Mentimun mengandung enzim dan air alami yang bisa membuat mata menjadi sangat santai. Jika Anda ingin menggunakan mentimun maka sebaiknya pilih yang masih dingin. Caranya adalah dengan memotong buah mentimun yang sudah dingin dan bersih. Kemudian letakkan pada bagian mata dengan posisi terpejam. Lakukan selama 20 menit atau ketika mentimun sudah menjadi hangat. Cara ini sangat penting untuk menjaga mata agar santai.

3. Kompres Mata dengan Kantong Teh Celup

Jika Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi teh celup, maka Anda bisa menggunakan teh celup untuk mengompres mata. Kandungan bahan alami seperti flavonoid pada teh celup akan membuat mata menjadi lebih santai. Bahan ini juga sangat penting untuk mengurangi resiko peradangan akibat infeksi dari virus atau bakteri pada mata. Caranya adalah dengan mencelupkan kantong teh celup ke dalam air. Kemudian simpan dalam lemari es selama 30 menit. Setelah itu gunakan kantong teh celup tersebut untuk mengompres sambil bersantai. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bersihkan dengan kapas atau handuk.

4. Daun Sirih

Mencuci mata sangat penting untuk menjaga mata tetap cerah dan mencegah dari berbagai penyakit mata. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah daun sirih. Caranya adalah cuci bersih beberapa lembar daun sirih secukupnya. Rebus selama 10-15 menit kemudian diamkan sampai dingin. Teteskan air rebusan daun sirih tersebut seperti menggunakan obat mata.

5. Minum Banyak Cairan

Mengkonsumsi air mineral atau air putih yang cukup sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan cairan atau dehidrasi akan menyebabkan warna putih mata menjadi tidak cerah dan mata terlihat sangat layu. Karena itu penuhi kebutuhan air untuk tubuh Anda sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari. Cairan tubuh Anda akan sampai ke bagian mata dan membuat mata menjadi lebih cerah dan sehat.

6. Biasakan Melatih Otot Mata

Olahraga sangan penting untuk merilekskan otot-otot sekitar mata sehingga peredaran darah mengalir lancar dan mata pun bisa berfungsi lebih optimal. Olahraga yang dilakukan sangat mudah, seperti memutar bola mata ke arah kanan dan kiri secara bergantian. Selain itu dapat juga dengan memandang pemandangan yang jauh dan luas, lalu tutup mata selama 10-15 detik secara bergantian.

7. Konsumsi Makanan Bervitamin

Selain upaya dari luar, kamu juga perlu upaya dari dalam untuk menjernihkan matamu. Biasakan mengonsumis makanan bergizi yang mengandung banyak vitamin A, vitamin C, dan vitamin E seperti wortel, jeruk, dan kacang almond.

8. Istirahat yang Cukup

Jika mata Anda terasa lelah dan sangat merah, maka obat terbaik adalah tidur yang cukup. Mata yang kurang tidur dan kelelahan bisa membuat bagian mata menjadi sangat merah. Jika sudah terbiasa maka bagian putih mata bisa menjadi kecoklatan dan membutuhkan usaha yang keras untuk merubahnya. Tidur akan membantu mata Anda beristirahat dari berbagai aktifitas dan syaraf mata menjadi lebih santai. Karena itu jaga agar waktu tidur Anda cukup.

Selain itu, kamu juga perlu menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang menyebabkan matamu lelah dan tidak jernih, seperti sering begadang, tidur kurang, sering menatap matahari secara langsung, dan melihat layar komputer/smartphone terus-menerus tanpa istirahat.