Android Mati Apa penyebabnya dan Bagaimana Cara memperbaikinya?

Android Mati
Android Mati

 

Apakah tablet / Handphone Android anda mati?,kenapa?.jika di bayangkan phone tablet android kita mati total (hard bricked), Ketika ditekan tombol power tetap tidak mau hidup mau menyala hanya getar saja namun tidak bereaksi apa apa.kemudian service centre mengklaim bahwasalnya motherboardnya yang Rusak dan perlu untuk diganti lagi. lalu kita diminta bayaran ganti motherboard seharga Rp 800rb,padahal harga tablet/phone tersebut hanya sekitar 1jutaan 🙁

Sebenarnya Phone / tablet android yang mati total itu tidak selalu rusak Motherboardnya terkecuali tablet kita pernah terinjak /tercebur ke laut atau memang cacat produk.namun dengan hanya usaha akhirnya tablit itu menyala kembali tanpa ganti motherboard tablet yang dengan harga mahal tadi.

Cara memperbaiki Phone-Tablet Android Mati Total

  •  penyebab yang berbeda akan menentukan cara menyalakan kembali phone/ tablet android yang mati.seperti baterai drop,charger androidnya rusak,modifikasi system android dan lain lain dapat menjadi sebab android mati.sebelum itu kenali lah ciri ciri android yang mati total,apakah batrai bisa di charger?,atau mungkin kita melakukan beberapa modifikasi tertentu.misanya contoh kita mencoba untuk merubah partisi memory internal tablet ke micro sd karena kekurangan memory. Sebagian pengguna rancu antara Android bootloop dan hardbricked.

 

  • Prinsip perbaikan android mati baik bootloop atau bricked (mati total) karena kerusakan software (atau salah flashing firmware/rom) dan memerlukan proses flashing/ install ulang, secara prinsip sama cara mengatasinya. Kebanyakan solusi kerusakan software ditentukan berdasarkan spesifikasi hardware, misalnya type CPU apakah menggunakan Allwinner, Marvel, MTK, Qualcomm msm, atau lainnya. Lihat juga spesifikasi resolusi dan type LCD (IPS, Amoled, TFT Capacitive dll), Kapasitas Internal ROM (4GB, 8GB dll) serta kapasitas memory Ram nya. Jika mungkin lihat versi kernel android yang digunakan. Banyak pengguna mungkin bingung cara mengatasi android yang mati total secara tepat karena terjebak untuk mencari solusi berdasarkan merknya saja, padahal dalam 1 merk vendor mereka menjual berbagai varian dengan type hardware yang berbeda-beda. Sehingga jika phone/ tablet android tersebut mati, cara mengatasi bisa berbeda antara type seri A dan type seri B, walaupun merknya sama.

 

  •  Hard bricked: ini adalah kondisi phone-tablet android yang mati paling parah, yang disebabkan kerusakan partisi flash memory internal (eMMC) bricked. Ciri-cirinya tidak bisa masuk recovery, baik recovery bawaan rom maupun cwm recovery. Layar lcd gelap tidak menampilkan gambar apapun, hanya bergetar saat tombol power dipencet. Jika masih terdeteksi laptop/ pc solusinya adalah dengan ADB command atau dengan cara flashing menggunakan mode fastboot.

Jika ada pengguna type seri yang sama pernah sharing cara memperbaiki android yang mati total, (hardbricked) tentu ini dapat menjadi solusi terbaik. Namun jika belum ada, fokuslah kepada spesifikasi hardwarenya. Pengguna merk advan jangan fokus dimerk advan saja, merk mito jangan fokus di merk mito, demikian halnya android yang mati untuk merk lainnya seperti advan, axioo, beyond, cyrus pad, epad, imo, samsung, huawei,dll. Carilah solusi cara menyalakan kembali phone-tablet android yang mati total dengan melihat spesifikasi hardware. Beda hardware beda cara. Gunakan Google search engine untuk referensi berdasar spek hardware kita bukan berdasar merk, jika tablet milik kita yang mati menggunakan cpu mtk, ya fokus cari solusi solved problem android mtk.

Untuk phone-tablet android yang mati karena memang terjadi kerusakan hardware, silahkan hubungi tempat service tablet yang terpercaya untuk perbaikan. Baca artikel mengenai android mati karena baterai drop serta masalah charger phone tablet rusak. Jika solusi untuk phone/ tablet android mati total adalah dengan flashing rom, spesifikasi hardware harus diperhatikan. Cara flashing menggunakan SP flash tool (MTK), Livesuits (cpu Allwinner), adb command, fasboot dll prinsipnya sama dan tidak akan berubah, jadi pelajarilah prinsip dasar penggunaan masing-masing software flash android tersebut.

Berikutnya kunjungi situs vendor yang menjual merk hp/tablet android untuk download firmware original (stock rom). Untuk flashing di mode fastboot perlu system image (img). Jika vendor tidak menyediakan link download rom, saran saya ‘Jangan lagi beli merk phone/tablet yang tidak menyediakan dukungan link download firmware/ rom’. Itu tanggung jawab mereka. Masih banyak merk lokal lain dengan dukungan layanan lebih baik dan memberikan link download firmware.

Cara lainnya adalah dengan mencari download firmware android merk lain yang spesifikasinya mirip dengan hardware phone tablet kita, kunjungilah berbagai forum seperti longe kaskus, xda developer dll. Sayang cara ini perlu waktu, kesabaran dan pulsa modem internet unlimitted untuk mencoba berbagai rom yang mirip sampai ketemu yang cocok. Inilah seninya bagi androiders, namun jika pembaca bukan seorang pengguna yang suka oprek android dan lebih mengutamakan penggunaan phone tablet untuk mendukung aktivitas sehari-hari serta effesiensi, sungguh…sebaiknya hubungi teknisi-tempat perbaikan phone tablet android.

Pelajarilah Prinsipnya bukan hanya riciannya,karena prinsip itu tidak akan berubah.lalu bacalah juga referensi tutorial dengan sangat teliti sebelum menerapkannya.terutama pada tablet yang bricked.tidak ada cara yang instant disini,dan ada ribuan/ jutaan type seri tablet android dengan ribuan firmware / custom rom berbeda juga,tetapi jika prinsip dasar perbaikan software (cara Flashing) android sudah kita tau,hal ini akan menjadikan kita mudah untuk memperbaiki android yang mati total