Bagi Kamu Yang Memakai Windows 10, Ini Cara Paling Mudah Install Drivernya!

WIndows 10

Pada perangkat komputer atau laptop, ada sebuah sistem yang bernama driver. Apa fungsi driver? Driver ini fungsinya seperti sebuah pendukung, dan driver ini mendukung kinerja software dan hardware agar sistem komputer/windows sinkron saat digunakan. Lebih jelasnya, driver ini adalah suatu sistem yang digunakan untuk menjalankan hardware/mesin. Tanpa adanya driver, mustahil hardware anda bekerja dengan optimal.

WIndows 10
WIndows 10

Misalnya laptop anda memiliki hardware bluetooth dan VGA, maka anda wajib menginstal driver yang digunakan untuk menjalankan bluetooth dan VGA. Jika tidak menginstal driver tersebut, maka bluetooth dan VGA tidak akan berfungsi. Jadi, menginstal driver laptop wajib hukumnya, terutama laptop yang baru di instal ulang.

Cara Install Driver Laptop Dengan Cepat

1. Buka Device Manager pada laptop/komputer anda, caranya klik Start pada bawah kiri desktop. Pada layar pencarian, ketikkan Device Manager lalu enter.

2. Tunggu sebentar sampai anda diarahkan ke menu Device Manager. Untuk menginstal dan mengupdate driver, tinggal klik kanan hardware yang ingin diperbarui, kemudian klik Update Driver Software.

3. Kemudian anda akan diberikan pilihan antara menginstal driver secara online maupun offiline. Namun, jika saat menginstal driver, anda terhubung dengan WiFi, lebih baik anda menginstal secara online, karena lebih mudah dan praktis, anda akan diarahkan ke versi yang paling baru.

4. Pilih Search Automatically For Update Driver Software

Intsall Driver Online
Intsall Driver Online

6. Kemudian sistem driver akan mencari driver yang ingin diperbarui, tunggu software sampai berhasil terinstal.

Cukup mudah bukan? anda tidak perlu lagi mendownload file driver, karena belum tentu juga file yang kamu download akan cocok dengan driver laptop yang kamu gunakan.