Begini Cara Mudah Mengunci Folder Pada Windows 7

Cara Mengunci Folder

Seperti yang kita tahu saat ini hampir semua jenis laptop ataupun PC banyak menggunakan windows. Windows sendiri merupakan salah satu sistem operasional pada PC ataupun laptop yang dikembangkan oleh microsoft. Hingga kini windows telah dikembangkan menjadi lebih praktis dan lebih canggih.

Cara Mengunci Folder
Cara Mengunci Folder

Setiap orang memiliki rahasianya sendiri-sendiri; entah foto atau dokumen-dokumen rahasia yang tidak seharusnya dilihat atau diakses oleh orang lain. Memberikan keamanan dan perlindungan lebih pada folder yang berisi file-file tersebut sangatlah masuk akal, dan dapat dilakukan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah cara mengunci folder dengan password di Windows 7.

Cara Mudah Mengunci Folder Pada Windows 7

1. Silahkan download terlebih dahulu 7-Zip, kemudian install seperti biasa

2. Cari folder yang ingin diberi password melalui UI (user interface) di 7-Zip dan klik simbol “+” hijau yang terletak di sudut kiri atas.

3. Pilihlah ZIP pada kolom Archive Format, kemudian masukkan password pada kolom Enter Password, Lalu masukkan lagi password yang sama pada kolom Reenter Password.

4. Untuk memastikan keberhasilan dalam melakukan cara mengunci folder di windows lakukan test terlebih dahulu

5. Cara mengetes nya sangat mudah, keluarlah terlebih dahulu dari aplikasi 7 ZIP.

6. Setelah itu bukalah folder yang sudah dikunci tadi, Klik dua kali folder dan akan muncul sebuah kolom dengan logo kunci. Kemudian Masukkan Password yang kamu masukkan pada 7-ZIP sebelumnya.

Jadi sekarang folder kamu sudah terkunci dengan aman, sehingga tidak perlu khawatir lagi dibuka oleh orang lain.