Cara Ampuh dan Aman Mengatasi Masalah Jerawat Membandel

Masalah Jerawat 25

Jerawat sering menjadi masalah utama yang terjadi pada kulit wajah, munculnya titik jerawat tentu sangat dibenci oleh para wanita. Pasalnya banyak titik jerawat yang sering datang secara tiba-tiba. Jerawat yang membandel tentunya membuat penampilan jadi kurang menarik, apalagi jika jumlahnya banyak. Bukan rahasia lagi kalau wanita dan pria pasti menginginkan wajah mulus nan bersih. Tentu kamu juga tidak ingin wajah mulus kamu dihinggapi oleh jerawat yang akan membuat penampilan kamu jadi kurang maksimal dan membuat kamu kehilangan kepercayaan diri. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas apa itu jerawat, apa penyebab timbulnya jerawat, dan bagaimana cara mengatasinya. Kalo kamu memiliki masalah dengan jerawat, artikel ini mungkin bisa membantu untuk mengatasinya.

Masalah Jerawat 15
Masalah Jerawat 

Jerawat merupakan merupakan penyakit yang mempengaruhi kelenjar minyak pada kulit. Kulit memiliki kelenjar minyak dan pori-pori. Kelenjar inilah yang memproduksi zat berminyak yang disebut sebum.  Saat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih atau saat kotoran menyumbat pada pori-pori, maka saat itulah terbentuk komedo. Komedo ini yang kemudian jadi bakal jerawat yang bisa saja memiliki ukuran besar ataupun kecil.

Selain itu, pori-pori yang terhubung dengan kelenjar oleh kanal atau yang disebut folikel. Di dalam folikel ini, minyak membawa sel kulit mati ke permukaan kulit dan terbentuklah sebuah jerawat.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan secara alami? Berikut cara beserta ulasannya:

  1. Masker soda kue

Soda kue/baking soda memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Baking soda mengandung  antiseptik dan anti-inflamasi untuk membantu meredakan jerawat meradang.

  1. Masker yogurt

Yogurt juga merupakan salah satu bahan yang dapat membantumu meredakan jerawat di wajah. Kandungan bakteri baik, asam laktat, dan juga AHA (asam alfa hidroksi) membuat yogurt dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

  1. Masker pisang dan kunyit

Kaya akan antioksidan, potasium, serta vitamin E, dan lektin buah pisang sangat banyak manfaatnya untuk menjadikan kulit lebih cerah, lembap dan membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan untuk kunyit, merupakan tanaman obat yang dipercaya dapat mengatasi beragam permasalahan kulit seperti kulit kusam dan juga jerawat.

  1. Melakukan olahraga secara rutin

Olahraga bisa membantu menyeimbangkan hormon pada tubuh serta mengurangi stres yang dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit sehingga wajah kamu takkan terlalu berminyak dan terbebas dari jerawat.

  1. Menggunakan es batu

Anda dapat menempelkan kompres es pada jerawat yang sedang meradang. Hal itu dapat mengurangi peradangan pada jerawat dan mebuat jerawat lebih cepat kering.

  1. Menggunakan perasan air lemon

Kandungan asam askorbat-L yang ada pada lemon ternyata mampu mengurangi masalah peradangan kulit, seperti jerawat dan bahkan bisa menghilangkan noda bekas jerawat.

  1. Lidah buaya

Polifenol adalah salah satu senyawa aktif yang dapat menghilangkan jerawat. Senyawa ini terdapat di dalam lidah buaya. Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai masker untuk menghilangkan jerawat.

Nah, itu dia bahasan singkat mengenai cara menghilangkan jerawat secara alami, dengan cepat, aman, dan mudah. Anda bisa memilih cara yang mana saja sesuai yang anda sukai. Selamat mencoba.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.