Cara Membuat Jaringan Local Wi-Fi Dengan Menggunakan Ad Hoc

WiFi Ad Hoc

Jaringan WiFi adalah teknologi jaringan wireless (jaringan komunikasi yang tidak memerlukan kabel) yang saat ini banyak digunakan untuk membuat jaringan kecil hingga besar. Selain menggunakan WiFi, media yang dapat digunakan pada jaringan wireless ini diantaranya adalah Bluetooth, Infrared Data Association (IrDA) dan HomeRF.

WiFi Ad Hoc
WiFi Ad Hoc

WiFi Ad hoc adalah mode jaringan WiFi yang memungkinkan dua atau lebih device (komputer atau router) untuk saling berkomunikasi satu sama lain secara langsung (dikenal dengan istilah peer to peer) tanpa melalui Central Wireless Router atau Acces Point (AP). Sedangkan jaringan WiFi yang menggunakan sebuah Acces Point Router untuk menghubungkan antara semua client dengan sumberdaya jaringan lainnya disebut jaringan WiFi mode Infrastructure.

Cara Membuat Jaringan Local Wi-Fi Dengan Menggunakan Ad Hoc

1. Pertama, aktifkan terlebih dahulu WLAN pada laptop.

2. Klik tombol Windows Start, pada kolom Search programs and files ketik: adhoc kemudian enter.

3. Jendela Setup Ad Hoc Network akan terbuka, klik Next untuk melanjutkan

4. Pada kolom Network name isi dengan nama yang akan kita gunakan sebagai SSID, contohnya: solusiana.com, Pilih mode security; WEP, WPA2-Personal atau Open. Isi Security key isi dengan password misalnya password, centang pilihan Save this network, kemudian klik Next

5. Setelah muncul jendela The solusiana.com network is ready to use, kemudian klik Close

6. Cek koneksi WiFi dengan mengklik icon wireless pada taskbar sebelah kanan, akan terlihat nama WiFi baru solusiana.com – Waiting for users.

Seting jaringan WiFi Ad Hoc di Windows sudah selesai, selanjutnya kita dapat menggunakan laptop lain atau komputer dengan usb wireless agar terkoneksi dengan “jaringan WiFi solusiana.com” yang telah kita buat tersebut. Apabila ada user (laptop lain) yang connect ke jaringan ini, maka status WiFi pada langkah no 5 akan berubah menjadi Connected. Selamat mencoba!