Cara Membuat Task Scheduler Pada Windows 7

Task Scheduler Windows 7

Task Scheduler (taskschd.msc) adalah komponen dari Microsoft Windows yang menyediakan kemampuan untuk menjadwalkan menjalankan program atau script pada waktu yang telah ditentukan atau setelah interval waktu tertentu. Komponen ini Ini pertama kali diperkenalkan di Windows 95 Plus! Komponen ini merupakan satu paket sebagai Sistem Agent namun kemudian diganti dengan nama Task Scheduler di Windows 98.

Task Scheduler mencakup sejumlah tindakan built-in, mencakup sejumlah aplikasi termasuk mengirim e-mail, menunjukkan kotak pesan. Tindakan kustom juga dapat ditentukan dengan menggunakan Task Scheduler API.Task Scheduler menyimpan log aktifitas semua rincian pelaksanaan tugas. Windows Vista menggunakan Task Scheduler 2.0 untuk menjalankan berbagai tugas sistem tingkat.

Cara Membuat Task Scheduler Pada Windows 7

1. Pada tombol Start, ketikkan task, maka akan muncul pilihan Task Scheduler

2. Pada jendela Task Scheduler, klik Create Basic Task..

3. Lalu isikan Name dan Description, kemudian klik Next

Task Scheduler 3

4. Pada Task Trigger, anda akan disuruh memilih jenis Schedule yang kamu inginkan.

Task Scheduler 4

5. Kemudian pada Action, anda harus memilih program yang ingin anda jadwalkan, salah satu contoh: Saya akan mematikan komputer secara otomatis, maka pilih Shutdown.exe “C:\Windows\System32\shutdown.exe”

Task Scheduler 5

6. Setelah itu klik Finish, maka secara otomatis komputer anda akan shutdown secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah anda tentukan.

Cukup mudah bukan, jadi sekarang bisa mencoba membuat Penjadwalan pada komputer atau Laptop anda, jika butuh bantuan, silahkan ketik pada kolom komentar.