Cara Mempercepat Proses Shutdown Pada Windows 7

Cara Mempercepat Shutdown

Saat kamu sedang memerintahkan proses shutdown, Windows akan mematikan semua service yang sedang berjalan. Namun demikian, ada kalanya sebuah service tidak dapat segera dimatikan. Jika demikian, Windows akan menunggu beberapa saat sebelum mematikan paksa servis tersebut, sehingga mengakibatkan proses shutdown komputer menjadi agak lama.

Cara Mempercepat Shutdown
Cara Mempercepat Shutdown

Shutdown merupakan proses mematikan komputer yang sering dilakukan oleh banyak orang saat sudah selesai menggunakan tugasnya. Dalam proses shutdown semua aplikasi akan dihentikan terlebih dahulu dan ram akan dikosongkan, setelah itu daya akan dimatikan. Namun, terkadang lambatnya proses shutdown menjadi hal yang sangat menyebalkan bagi kita, karena terlalu lama menunggu. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, solusiana akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi proses shutdown agar lebih cepat.

Cara Mempercepat Proses Shutdown Pada Windows 7

1. Tekan tombol Windows + R, Lalu ketikkan regedit dan Enter.

2. Pada panel sebelah kiri registry, cari key HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control, pada panel kanan cari value WaitToKillServiceTimeout, lalu klik dua kali pada value tersebut.

3. Kemudian, ubah nilai value menjadi lebih kecil dari nilai yang ada. Misalnya 600 (6 detik), Lalu klik OK.

Sekarang kamu akan merasakan hal yang beda pada saat kamu melakukan shutdown komputer kamu. Proses shutdown akan lebih cepat, jadi kamu sekarang sudah tidak lagi menunggu lama.

Perlu diingat: Jangan merubah value kurang dari 500, karena sistem juga memerlukan waktu untuk mematikan beberapa proses service.