Cara Mendapatkan Nilai IPK Yang Bagus dan Memuaskan

IPK Mahasiswa 14

Nilai IPK masih menjadi salah satu tolak ukur hasil studi mahasiswa di perguruan tinggi. Hal ini juga masih berlaku di hampir semua pendidikan negeri yang menjadikan nilai rapot sebagai tolak ukur perkembangan dan hasil studi mulai dari SD, hingga SMA sederajat.

IPK Mahasiswa 14
IPK Mahasiswa 

Nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) saat ini masih menjadi acuan bagi banyak perusahaan untuk melakukan screening awal dalam proses recruitment karyawan baru. Saat kita bisa mendapatkan IPK yang tinggi pasti ada rasa bangga yang luar biasa bagi kita dan orang tua kita, hal itu akan memberikan peluang bagi kita untuk menjadi lulusan terbaik di kampus dimana kita menuntut ilmu.

Pada artikel kali ini, kami akan menyajikan beberapa cara agar nilai IPK kamu memuaskan bahkan jika kamu bersungguh-sungguh bisa mendapatkan nilai IPK 4. Penasaran? Berikut cara dan kiat-kiatnya:

  1. Tulis kembali materi yang sudah dipelajari. Menulis kembali pelajaran yang telah disampaikan oleh dosen, secara tidak langsung akan membuat kita mereview kembali materi yang telah di terima, menulis menggunakan bahasa kita sendiri akan memudahkan diri kita untuk mengingat serta memahami materinya.
  2. Aktif di kelas. Bertanya memberikan jawaban, saran atau sanggahan saat proses belajar akan membuat kita mudah dikenal dosen serta meningkatkan wawasan kita akan sesuatu hal yang belum kita mengerti.
  3. Mencatat poin-poin pelajaran dari Dosen. Dengan melakukan hal ini pelajaran yang kita terima akan lebih kuat menempel di benak kita.
  4. Buatlah mind map. Mind map akan membantumu memfokuskan materi yang telah kita dapatkan.
  5. Selalu mengerjakan tugas tepat waktu. Dalam menilai mahasiswanya dosen juga akan melihat seberapa baiknya kita dalam menyelesaikan tugas.
  6. Sebisa mungkin jangan pernah Absen di kelas. Untuk setiap perguruan tinggi mungkin memiliki kebijakan tersendiri dalam hal absensi, dimana nilai dari absensi juga masuk dalam penilaian dosen dan hal itu akan berpengaruh pada nilai kita. selain itu saat kita absen kita akan ketinggalan pelajaran dan kesempatan-kesempatan lainnya saat dikelas.
  7. Memilih cara belajar yang kamu sukai misal dengan mendengarkan audio atau dengan membaca.
  8. Perbanyak membaca materi kuliah. Dengan membaca kita akan mendapat wawasan yang lebih luas dan lebih banyak, dan itu akan memperkuat ingatan kita tentang materi kuliah
  9. Belajar jauh-jauh hari sebelum ujian. Kebanyakan dari pelajar menerapkan sistem kebut semalam yaitu, belajar pada saat keesokan harinya akan ujian, padahal hal itu sangat tidak efektif dengan banyak materi yang harus kita pelajari dan waktu yang sedikit membuat materi pelajaran tidak mudah dipahami dan mudah lupa.
  10. Persiapkan Ujian dengan baik. Belajar jauh-jauh hari akan membuat kita mudah menjawab soal ujian.
  11. Ramah dan Hormat dengan Dosen. Etika juga menjadi penilaian yang sangat penting bagi sebagian dosen karena walaupun kita pintar dan cerdas tetapi tidak memiliki rasa hormat kepada dosen itu akan berpengaruh pada nilai kita.
  12. Aktif Organisasi. Aktif organisasi menjadi sangat penting bagi mahasiswa untuk melatih bekerjasama dalam tim, kemampuan organisasi, kemampuan komunikasi, dan biasanya yang aktif di sebuah organisasi akan terbiasa untuk menghadap ke dosen, dekan, atau bahkan rektor, dan ini tentunya menjadi nilai lebih bagi kita karena kita akan mudah dikenal oleh dosen.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk mendapatkan IPK bagus, Ingat bahwa nilai tidak semata-mata menjadi penentu bagi kamu untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang baik, namun tips di atas adalah salah satu strategi yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan nilai yang baik, dan tentunya juga harus upgrade diri kita untuk bisa berkomunikasi dengan baik, meningkatkan kemampuan Bahasa asing, kemampuan dalam mengoperasikan komputer, team work, dsb yang tentunya lebih penting untuk bisa bermanfaat saat karir professional setelah bekerja nanti. Selain itu berdoalah setiap saat karena dengan usaha tanpa do’a itu akan sangat mustahil, tapi dengan usaha dan do’a akan memberikan hasil yang memuaskan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan nilai IPK yang bagus dan memuaskan. Sampai jumpa di postingan berikutnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.