Cara Mengatasi Gugup dan Tidak Percaya Diri Saat Publik Speaking

Public Speaking 26

Dalam era kompetisi global saat ini, keterampilan public speaking atau berbicara di depan umum adalah keterampilan yang wajib dimiliki oleh siapapun. Keterampilan public speaking yang baik akan membuat kita mampu menyampaikan gagasan yang ada di kepala kita secara terstruktur bahkan membekas di hati para audience. Berbicara di depan umum atau public speaking sering membuat orang gugup dan takut bahkan tidak percaya diri.

Public Speaking 16
Public Speaking 

Untuk memunculkan kepercayaan diri saat publik speaking merupakan sebuah proses yang membutuhkan waktu namun hal dapat diusahakan dan dilakukan siapa saja termasuk kamu. Nah, buat kamu yang mencari-cari cara untuk meningkatkan keberanian dalam publik speakin. Berikut beberapa tips yang akan kami ulas dalam artikel ini:

  1. Lakukan Persiapan Dengan Baik

Persiapan yang baik akan berdampak pada menguatnya rasa percaya diri dan mengatasi rasa grogi. Sehingga akan menggeser rasa takut menjadi sebuah keberanian.

  1. Menguasai Materi

Pastikan saat Anda akan berbicara di depan umum Anda sudah tahu betul tentang apa yang akan Anda sampaikan. Jangan sekedar tahu, tapi Anda harus menguasai seratus persen.

  1. Pemanasan

Berinteraksi dengan peserta sebelum kita naik panggung berguna untuk membiasakan diri kita banyak berbicara dan menghangatkan pita suara agar kita bisa tampil maksimal ketika sudah berada di panggung.

  1. Berpikiran positif

rasa takut muncul murni karena kekhawatiran yang berlebihan yang muncul dalam diri seseorang. Untuk itu jika Anda ingin mengatasi rasa takut, Anda harus mengubah cara berpikir negatif yang muncul dalam pikiran Anda menjadi positif. Ketika Anda berpikiran positif, maka bayangan positif itu pun akan memancar dan membantu Anda tampil menawan dalam kenyataan.

  1. Berdoa

Sebagai umat beragama, jangan pernah lupa untuk menyampaikan permohonan kepada Tuhan agar Anda dibantu. Dengan berdoa, Anda menyerahkan segala ikhtiar yang sudah Anda persiapkan untuk selalu mendapat pertolongan.

  1. Berlatih dan terus berlatih

Kepercayaan diri dalam presentasi akan berbanding lurus dengan persiapan dan latihan. Semakin Anda mempersiapkan diri dengan baik, semakin besar stok rasa percaya diri Anda. Semakin Anda berlatih dari guru yang tepat, akan semakin tinggi pula kepercayaan diri Anda. Anda juga bisa berlatih dengan rekan-rekan yang sama-sama ingin meningkatkan keterampilan presentasinya.

Nah, itulah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa gugup dan meningkatkan kepercayaan diri dalam publik speaking atau berbicara di depan umum. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di postingan berikutnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.