Cara Mengatasi Kursor Hilang Saat Instal Ulang Windows

Mengatasi Kursor Laptop

Hal ini terjadi saat sedang proses Instal ulang pada Windows, sesaat sudah masuk proses instal tiba-tiba Mouse maupun keyboard tidak berfungsi bahkan kursor pun menghilang ? Kalian pastinya bingung tujuh keliling, apalagi bagi kamu yang masih pertama kali untuk mencoba instal ulang Windows pastinya Jantungnya berdebar-debar sampai mau copot.

Mengatasi Kursor Laptop
Mengatasi Kursor Laptop

Masalah kursor laptop hilang pada saat dan setelah install ulang ini banyak ditemui pada seri seri terbaru produk keluaran Acer, Asus, dan HP. Pada saat windows telah terinstall tetap saja kursor laptop tidak muncul, mungkin anda berfikiran bahwa laptop harus terinstall driver touchpadnya terlebih dahulu agar kursornya muncul. Ada beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi dari permasalah tersebut, dan ini beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Kursor Hilang Saat Instal Ulang Windows

Update Driver Touchpad Laptop

Jika kamu pengguna windows 10 kamu dapat melakukan update OS dan otomatis semua driver yang diperlukan oleh laptop akan terdownload kemudian terinstall otomatis.

Mengubah Settingan BIOS

Cara ini hanya berlaku jika laptop kamu mempunyai settingan Touchpad di menu BIOS. Silahkan cek dengan masuk ke booting windows dengan menekan Tombol Kunci BIOS saat pertama kali laptop dinyalakan. Biasanya pengaturan Touchpad terletak pada menu Main. Jika ada touchpad pada menu ini ubah pengaturan yang semula “advanced: menjadi “basic”. Gunakan tombol Tab dan gulir.

Menggunakan Regedit Windows

pada cara ini kita akan mengubah nilai satu parameter yang ada di registry windows. Caranya, silahkan buka windows registry dengan menekan tombol Windows+R secara bersamaan. Kemudian ketikkan “Regedit” tanpa tanda petik dan Enter.

1. Setelah registry terbuka, masuk ke folder HACKEY_LOCAL_MACHINE => SOFTWARE => Microsoft => Windows => CurrentVersion => Policies => System. Gunakan tombol Tab dan gulir.

2. Kemudian cari tulisan EnableCursorSuppression.

3. Silahkan buka dan ganti angka value data nya dari 1 menjadi 0. Setelah selesai silahkan restart laptop anda.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kursor laptop yang hilang.