Cara Mengatasi Smartphone Samsung Macet di Logo (Stuck) Tanpa Reset Factory

Reset Factory, Boot loop, Boot Stuck

Tak jarang kita menghadapi persoalan yang menggemaskan, dimana smartphone (hp) Samsung yang kita gunakan tiba-tiba tidak bisa lagi digunakan. Dan ini terkadang terjadi tatkala kita bangun tidur dipagi hari, sedangkan sebelumnya tidak ada masalah dengan smartphone Samsung tersebut.

Reset Factory, Boot loop, Boot Stuck
Cara Mengatasi android Boot Stuck tanpa Reset Factory

Permasalahan yang acapkali terjadi adalah dimana smartphone Samsung kita tiba-tiba terhenti di logo Samsung tatkala dinyalakan. Dan sebenarnya hal seperti ini tidak hanya terjadi pada smartphone Samsung saja, namun banyak terjadi pada perangkat Android lainnya, dimana rata-rata mengalami boot stuck atau macet dilogo saja.

Dan jika beberapa tips mengatakan cara yang paling terpat untuk dilkakukan guna maengatasinya adalah dengan melakukan WIPE DATA (Reset Factory), hal ini adalah benar. Namun kita semua pastinya sudah tahu dan menyadari jika Reset Factory akan menyebabkan kita kehilangan semua data yang ada didalamnya.

Sebelum anda melakukan Reset Factory (Wiping) ada baiknya anda melakukan cara yang akan kami bahas dibawah ini, barangkali semuanya bisa teratasi tanpa harus melakukan WIPE DATA.

Berikut solusi awal sebelum anda melakukan Reset/Wipe/Flashing  (tips berikut khusus untuk smartphone dengan baterai yang bisa dilepas) :

  • Tekan Tombol Power.
  • Sambil tombol ditekan lepas baterai (tombol power tetap ditekan)
  • Biarkan baterai terlepas selama 10 detik (atau anda dapat membuat hitungan 1 – 10).
  • Pasang kembali baterai smartphone Samsung anda.
  • Lepas tombol Power yang masih anda tekan.
  • Terakhir tekan tombol power untuk menyalakan smartphone anda.
  • Semoga berhasil.