Cara Mengatasi USB Flashdisk Tidak Terbaca Komputer

Cara Mengatasi USB Flashdisk Tidak Terbaca Komputer

Flash disk adalah sebuah komponen komputer sebagai alat penyimpanan yang saat ini banyak digemari dan digunakan bagi kalangan pekerja dan orang yang berhubungan dengan komputer, karena alat ini kecil, praktis dan kapasitasnya besar serta harganya terjangkau. Namun seringkali dijumpai banyak yang bingung suatu saat flashdisknya tidak terdeteksi atau mengalami Write proteck, dan pengguna tidak menyadari bahwa flashdisk adalah sebagai penyimpanan sementara, bukan digunakan sebagai media penyimpanan file atau dokumen secara permanen, karena bila terjadi masalah pada flashdisk anda maka kemungkinan besar data anda akan hilang permanen.

Cara Mengatasi USB Flashdisk Tidak Terbaca Komputer
Cara Mengatasi USB Flashdisk Tidak Terbaca Komputer

Terkadang kita mendapati kasus dimana flashdisk mendadak jadi corrupt atau tidak terbaca ketika dimasukan ke laptop. Masalah ini tentunya sudah umum apalagi dikalangan para pengguna komputer. Barangkali kalian ada yang belum tau, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara bagaimana memperbaiki flasdisk yang sudah terlanjur corrupt atau tidak terbaca komputer.

Langkah-langkah mengatasi USB Flashdisk tidak terbaca komputer

1. Coba hubungkan USB flash disk anda pada Port USB yang lain /pindah-pindah, jika belum berhasil coba colokan ke PC lain, apabila berhasil maka USB kita tidak bermasalah dan kecurigaan 100% kepada PC.

2. Cek di settingan BIOS barangkali disable sengaja atau tidak, hal ini bisa saja terjadi perubahan setting dengan tidak kita sadari manakala baterai MotherBoard kita udah soak/lemah.

3. Cek Device Manager
– klik Start => Settings => Control Panel
– Dobel Klik pada icon system,
– Setelah terbuka jendela Syistem Properties, klik tab Hardware
– Klik tombol Device Manager
– Kemudian cek di bagian Universal Serial Bus Controllers, terlihat ada masalah
– Tanda tanya pada bagian ini menandakan hardware tidak dikenal atau td ada driver
– Tanda silang berwarna merah pada bagian ini menandakan disable, maka jika ini terjadi lakukan klik kanan dan pilih enable
– Termasuk dalam hal ini kemungkinan perlu install ulang driver USB Flash disk

4. Cek pada registry
– Klik Start => Run
– Ketikan : regedit kemudian enter
– Masuk ke : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\UsbStor
– Pada value Dwords harus bernilai 3 (enable), jika bukan 3 maka update dengan 3 lalu close dan restart