Cara Mengecek Bad Sector Pada Hardisk Dengan Mudah

Hardisk

Saat anda mengoperasikan komputer anda, Anda mungkin menerima pesan kesalahan yang menunjukkan hard disk Anda mungkin mengandung bad sector. Kesalahan biasanya ditandai sebagai “CRC” atau “Cyclic Redundancy Error””. Beberapa file data Anda hilang, tidak dapat dibaca atau rusak dan tidak dapat untuk mengakses file dan folder tertentu. Ini mungkin merupakan penyebab masalah bad sector.

Hardisk
Hardisk

Sektor adalah ruangan penyimpanan pada hard disk. Dan sektor buruk adalah sektor pada disk dimana data tidak dapat ditulis atau dibaca karena kerusakan fisik atau inkonsistensi paritas dalam pemeriksaan bit pada disk. Setiap data yang ditulis atau disimpan pada area yang mungkin hilang atau rusak. Data yang berada pada bagian sektor disk yang lain mungkin tidak terpengaruh dan disk masih dapat digunakan jika bad sectornya sedikit.

Utilitas lain seperti CHKDSK umum yang disediakan oleh Sistem Operasi Windows dapat membantu untuk mendeteksi dan menandai bad sector. Selama scan pada permukaan piringan hardisk, head akan mencoba untuk menulis data ke sektor itu dan kemudian membaca kembali apakah bekerja atau tidak. Jika proses baca dan tulis tidak dapat dilakukan, sektor ini ditandai sebagai bad sector karena tidak dapat digunakan. Sistem operasi akan mencatat sektor tertentu dan menghindari pemakaian sektor tersebu. Setelah itu, bad sector akan dipetakan ke sektor khusus pada drive yang disediakan.

Cara Mengecek Bad Sector Pada Hardisk

1. Buka My Computer, kemudian klik kanan partisi hardisk anda, contohnya C, D atau E yang ingin anda periksa.

Hardisk 1
Hardisk 1

2. Kemudian Klik Properties, Lalu klik tombol Tools.

Hardisk 2
Hardisk 2

3. Selanjutnya klik Check now.

Bila anda temukan Bad sector pada hardisk anda, lalu bagaimana cara memperbaikinya?

1. Menggunakan fasilitas check now diatas, dan centang pada Automatically Fix File System Error

Hardisk 3
Hardisk 3

2. Menggunakan beberapa software seperti HDD Regenerator, atau software Low Level Format. Tetapi, jika bad sector sudah banyak maka siap-siap anda harus membackup data anda dan membeli hardisk baru.