Cara Mengecek Power Supply Layak Ganti Atau Tidak

PSU

Power Supply adalah komponen komputer yang mempunyai fungsi sebagai pemberi suatu tegangan serta arus listrik kepada komponen – komponen komputer lainnya yang telah terpasang dengan baik pada motherboard atau papan induk.

PSU
PSU

Sedangkan tujuan awal dari penyaluran arus listrik ini adalah supaya perangkat atau komponen – komponen komputer lainnya bisa berfungsi sebagaimana mestinya sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Biasanya Power supply yang sudah dipakai lebih dari tiga tahun akan mengalami penurunan terutama pada komponen seperti kapasitor, PSU sendiri seperti sebuah jantung dalam komponen komputer jika aliran listrik tidak sesuai maka akan dapat membuat komponen menjadi rusak.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips cara mengecek power supply layak pakai atau sudah harus ganti, Untuk anda yang penasaran caranya dapat mengikuti ulasan berikut ini.

Cara Mengecek Power Supply Layak Ganti Atau Tidak Dengan Aplikasi : 

  • Langkah pertama downloadlah aplikasi HWMonitor
  • Kemudian install aplikasi itu
  • setelah di instal buka aplikasi
  • kemudian amati pada bagian voltages
  • Amati pada bagian +5V jika tekanan ada di 4.800V-4.900V keatas maka powersupply masih aman, jika kurang dari itu maka cukup berbahaya untuk hardisk.(kemungkinan kapasitor sudah loyo)

Sebenarnya penggunaan dalam mengecek voltages memakai aplikasi kurang di sarankan pasalnya tidak terlalu akurat, maka untuk anda yang bisa menggunakan Multitester gunakanlah dan pastikan +5V seperti ulasan diatas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.