Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami 1

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Selain rasanya yang begitu menyiksa, sakit gigi juga dapat menyebabkan orang kehilangan nafsu makanannya. Bahkan sakit gigi juga dapat menyebabkan sakit di bagian kepala, nyeri pada gusi, dan sakit di bagian pipi. Ketika sakit gigi menyarang tentu obat sakit gigi menjadi salah satu solusi terbaik untuk meradakan sakit dan nyeri yang dialami. Baik itu obat gigi alami ataupun obat gigi yang dibeli di apotek.

Meskipun kecil, gigi yang sakit bisa sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas. Jangan hanya meringis atau bahkan menangis karena hal itu akan membuat rasa sakit gigi Anda semakin sakit. Sakit gigi bisa disebabkan oleh beragam hal, dan rasa sakitnya pun tidak hanya pada bagian gigi, tapi juga bisa terasa hingga ke gusi dan mulut. Cara meredakan sakit gigi tidak melulu harus menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek. Ada beberapa cara yang cukup mudah dan bahannya bisa Anda dapatkan di dapur, mulai dari rempah-rempah hingga bumbu masakan. Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa nyeri pada gigi Anda:

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami 1
Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami 

1. Kompres dengan Menggunakan Es

Sebelum efek obat sakit gigi Anda mulai bekerja menghilangkan rasa sakit gigi, Anda bisa menggunakan kompres. Metode ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan pada gigi dan gusi yang bengkak.
Caranya adalah dengan melapisi batu es dengan handuk atau kain, kemudian tempelkan ke bagian pipi Anda yang dekat dengan gigi yang sakit selama sekitar 20 menit, dan ulangi setiap beberapa jam.

2. Berkumur dengan Air Garam

Cara pertama mengatasi sakit gigi dengan mudah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cukup dengan mencampurkan satu gelas air dengan setengah sendok teh garam, kemudian gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik, lalu buang. Air garam berfungsi sebagai desinfektan alami dan dapat meredakan peradangan pada gigi dan gusi yang nyeri.

3. Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih yang dipercaya memiliki kandungan anti-septik alami ini juga dapat menjadi obat gigi yang ampuh. Dimana bawang putih memiliki kemampuan untuk melepas allicin serta menghasilkan minyak alami yang berfungsi untuk melawan bakteri. Caranya, Anda bisa mengunyah bawang putih ataupun menempelkannya di bagian gigi yang sakit.

4. Jahe

Jahe yang dikenal sebagai obat tanaman keluarga ini ternyata juga efektif untuk menghentikan nyeri saat sakit gigi menyerang. Dimana kandungan antibiotiknya mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian gigi berlubang. Caranya, Anda bisa menumpuk 1 siung jahe kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit hingga sakitnya hilang.

5. Daun Jambu Biji

Selain beberapa bahan di atas, daun jambu juga bisa Anda gunakan sebagai obat untuk sakit gigi alami. Dimana kandungan analgesik, anti radang dan anti mikrobanya mampu menghentikan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Caranya, tumbuk daun jambu biji secukupnya. Kemudian tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Diamkan hingga dingin kemudian gunakan dengan cara berkumur-kumur.