Cara Mudah Membuat Tulisan Pangkat di Ms. Excel

Menulis Pangkat di Excel

Bagaimana cara mengetik bilangan pangkat di Microsoft Excel? Tentu caranya tak semudah kita menulis bilangan pangkat Microsoft Word. Terkadang saat membuat tabel atau mengolah data di excel dibutuhkan penulisan bilangan berpangkat. Jika bilangan pangkat tersebut hanya dalam bentuk sederhana seperti centimeter pangkat dua (cm2, m2, km2, x2 dan sejenisnya).

Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 disamping satuan yang digunakan, seperti M2, atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M2 dan M3 menjadi naik ke atas.

Pembuatan superscript di Microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di Microsoft Excel. Membuat superscript di Excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini.

Cara Membuat Pangkat Atas dan Bawah di Excel

Adapun untuk membuat bilangan berpangkat di Excel ini, kita dapat menggunakan fungsi superscript dan subscript. Kedua fitur ini sudah ditanamkan oleh Microsoft Excel sehingga pengguna akan dapat menyelesaikan masalah ini.

1. Membuat Pangkat Atas Dengan Superscript

1. Buka program Microsoft Excel => lalu ketik tulisan yang ingin dibuat menjadi pangkat atas.

Pangkat
Pangkat

2. Lalu blok tulisan yang ingin dibuat menjadi pangkat atas => lalu klik kanan pada tulisan tersebut => kemudian pilih Format Cells.

Pangkat 1
Pangkat 1

3. Maka kotak dialog Format Cells akan tampil. Lihat pada bagian Effects, lalu pilih atau ceklist superscript untuk membuat tulisan menjadi pangkat atas > pilih OK.

Pangkat 2
Pangkat 2

4. Nah. Sekarang tulisan akan menjadi pangkat atas seperti di bawah ini.

Pangkat 3
Pangkat 3

2. Membuat Pangkat Bawah Dengan Subscript

Subscript Kebalikan dari Superscript, fungsi subscript ini digunakan untuk membuat tulisan (huruf, angka, dan simbol) menjadi berpangkat ke bawah. Dengan adanya fungsi ini, tulisan yang diberi fungsi subscript akan berada di posisi lebih ke bawah namun tetap dalam garis lurus tulisan.

1. Buka program Microsoft Excel => lalu ketik tulisan yang ingin dibuat menjadi pangkat bawah.

Pangkat Bawah 1
Pangkat Bawah 1

2. Selanjutnya blok tulisan yang ingin dibuat menjadi pangkat bawah => lalu klik kanan pada tulisan tersebut => kemudian pilih Format Cells.

Pangkat Bawah 2
Pangkat Bawah 2

3. Maka kotak dialog Format Cells akan tampil. Lihat pada bagian Effects, lalu pilih atau ceklis subscript untuk membuat tulisan menjadi pangkat bawah > pilih OK.

Pangkat Bawah 3
Pangkat Bawah 3

4. Tulisan akan menjadi pangkat bawah seperti gambar di bawah ini.

Pangkat Bawah 4
Pangkat Bawah 4

Itu beberapa cara terkait cara menulis bilangan berpangkat pada Ms. Excel. Semoga bermanfaat.