Cara Mudah Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Memperbaiki Touchpad Laptop Rusak

Kita tahu bahwa sebuah Touchpad biasanya memberikan peranan yang cukup penting bagi kita dalam memberikan pilihan navigasi yang ideal dari setiap sentuhan jari kita pada sistem Windows, mengklik setiap hal yang menarik, dan banyak hal lainnya. Namun, ada kalanya ketika perangkat ini tiba-tiba tidak bekerja sebagaimana mestinya, sehingga segala sesuatu bisa jauh lebih buruk.

Memperbaiki Touchpad Laptop Rusak
Memperbaiki Touchpad Laptop Rusak

Keberadaan touchpad merupakan hal yang bisa dibilang krusial pada laptop. Pasalnya, touchpad ini berfungsi sebagai pengganti mouse pada komputer desktop. Nah, jika touchpad sampai tidak berfungsi, esensi laptop sebagai komputer portabel yang ringkas menjadi hilang. Kalau touchpad laptop Anda tiba-tiba tidak berfungsi, jangan panic. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mudah Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Periksa Touchpad Terlebih Dahulu

Mungkin touchpad kamu tidak berfungsi karena entah kenapa tidak sengaja dinonaktifkan oleh kamu sendiri seperti ketika tidak sengaja menekan kombinasi tombol tertentu di keyboard laptop sehingga menyebabkan touchpad laptop kamu tidak berfungsi. Maka periksa dahulu sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.

Perbarui Driver Touchpad Laptop

Kemungkinan besar jika touchpad laptop tidak berfungsi dengan baik adalah karena driver-nya tidak ada atau driver-nya rusak. Ikuti langkah di bawah ini untuk memperbarui driver touchpad laptop kamu yang tidak berfungsi.

1. Masuk ke Device Manager Windows dengan mengklik tombol Windows di Keyboard lalu ketik “device manager” kemudian Enter.

2. Cari bagian Your PC dan klik dua kali di Mouse and other pointing devices

3. Cari Touchpad kamu lalu klik kanan dan pilih Update Driver Software….

4. Klik Search automatically for updated driver software dan ikuti langkah-langkahnya.