Cara Mudah Mengatasi Baterai Laptop Yang Error

Mengkalibrasi Baterai Laptop

Mengapa baterai laptop tiba-tiba habis? Tanpa pemberitahuan atau peringatan terlebih dahulu, laptop mendadak mati jadi kita tidak sempat menyimpan file yang sedang kita kerjakan. Baru saja digunakan indikator baterai langsung menunjukkan prosentase yang rendah padahal sebelumnya baru saja 100% full. Sebelum kamu memutuskan untuk mengganti baterai kamu, ada sebuah hal yang sebaiknya kamu coba yaitu melakukan kalibrasi baterai.

Mengkalibrasi Baterai Laptop

Daya tahan baterai laptop adalah salah satu yang sangat penting, mengingat perangkat tersebut sebenarnya didesain untuk memberikan mobilitas tinggi. Berbeda dengan Personal Computer (PC) berwujud desktop, PC dalam bentuk laptop sebenarnya dirancang untuk dapat digunakan tanpa perlu terhubung dengan colokan untuk sementara waktu. Oleh karena itu, baterai dipasang sebagai pengganti sumber dayanya agar perangkat dapat menjalankan sistem. Berikut ini adalah cara melakukan kalibrasi baterai laptop dengan mudah:

1. Klik kanan pada ikon baterai di pojok kanan bawah dan Pilih opsi Battery Option

Kalibrasi Baterai 1
Kalibrasi Baterai 1

2. Setelah terbuka, pilih Create a power plan. Isi kolom Plan name dengan nama pilihan pengaturan daya yang ingin digunakan.

Kalibrasi Baterai 2
Kalibrasi Baterai 2

3. Klik Next. Ubah semua pengaturan ke Never, dan klik Create

Kalibrasi Baterai 3
Kalibrasi Baterai 3
Kalibrasi Baterai 4
Kalibrasi Baterai 4

4. Gunakan pengaturan daya tersebut dengan mengetuk namanya

5. Tutup Battery Option, kemudian charge atau isi baterai hingga penuh, dan jangan menyalakan aplikasi apapun.

6. Lepaskan adaptor atau charger dari laptop, dan biarkan laptop menyala hingga laptop mati dengan sendirinya,

7. Setelah mati, isi baterai hingga penuh kembali.

Perlu diingat, melakukan kalibrasi tidak akan mengembalikan kemampuan baterai laptop ke kondisi normal. Langkah ini sebenarnya hanya mengubah pembacaan prosentase baterai ke skala yang sebenarnya, sehingga perangkat dapat menampilkan kondisi persentase baterai laptop dengan tepat.