Cara Mudah Mengatasi Windows Explorer Not Responding di Windows 10

Windows Explorer Not Responding

Ketika File Explorer sedang bermasalah atau Not Responding pada Windows 10, ini adalah masalah besar – terutama karena File Explorer memiliki hampir semua data yang selalu diakses oleh pengguna. Masalah ini bukan hanya terjadi Windows 10 namun juga kadang terjadi pada pengguna Windows 7 dan Windows 8. Beberapa pengguna telah mengalami masalah bahwa Windows File Explorer tidak bisa terbuka.

Windows Explorer Not Responding
Windows Explorer Not Responding

Not Responding pada windows explorer terjadi dimana saat terbuka proses loading data sangat lama bahkan tidak sampai muncul dan hanya terlihat tulisan working on it. Selain itu, jika anda mencoba untuk klik direktori lain atau bahkan mencoba untuk menekan tombol close maka windows explorer akan menjadi not responding dan tiba-tiba force close atau menutup sendiri. Oleh karenanya, solusiana akan memberikan beberapa langkah yang harus kamu lakukan jika mengalami Windows Explorer Not Responding. Kamu tidak perlu melakukan install ulang pada laptop atau PC.

Langkah-Langkah Mengatasi Windows Explorer Not Responding di Windows 10

Restart File Explorernya

1. Pertama, kalian bisa ketik Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan dikeyboard, bisa juga dari pencarian windows dan ketik Task Manager, atau pada klik kanan pada Taskbar, kemudian Task Manager.

2. Seilahkan cari Windows Explorer, setelah itu klik tombol Restart.

Buat File Baru di Registry Editor

1. Pertama kamu buka file Registry Editor, cara bukanya bisa dari pencarian windows dan ketik Regedit atau ketik Logo Win + R secara bersamaan dikeyboard lalu ketik Regedit.

2. Kamu buka file berikut ini di registry editornya : HKEY_LOCAL_MACHINE – SOFTWARE – Policies – Microsoft – Windows Defender.

3. Setelah kebuka, kamu klik kanan pada mouse pada bagian kosongnya dan pilih DWORD (32-bit) Value.

4. Dan disitu kamu kasih namanya DisableAntiSpyware, dan kamu klik file tersebut lalu isi valuenya 1.

5. Terakhir silahkan kamu Restart PC atau Laptop kamu.