Fatal!! Inilah Dampak Buruk Tidur Berdekatan Dengan Handphone

Bahaya Tidur Dengan Smartphone 37

Handphone atau smartphone merupakan barang elektronik yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Bahkan, smartphone selalu ada dan siap siaga dalam keadaan apapun, tidak terkecuali saat kita tidur. Ketika bangun tidur sampai mau tidur lagi, pasti tangan dan mata tidak henti-hentinya menatap layar ponsel. Bahkan kini banyak orang yang sudah sangat ketergantungan dengan perangkat elektronik yang satu ini, sampai-sampai ponsel pun di bawa tidur dan diletakkan di samping kepala, atau bahkan di bawah bantal.

Bahaya Tidur Dengan Smartphone 17
Bahaya Tidur Dengan Smartphone

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur dekatĀ smartphone yang diletakkan bersebelahan dengan kepala dapat menyebabkan gangguan otak yaitu Hypervigilance. Ini merupakan suatu gejala otak yang dapat membuat seseorang mengalami rasa tegang dan kewaspadaan secara terus menerus. Selain memberikan dampak berkala pada otak, kebiasaan tidur bersama smartphone juga dapat mengakibatkan gangguan tidur secara terus menerus.

Dr Charles Czeisler, seorang Profesor Kedokteran yang meneliti ritme tidur dari Harvard University, mengungkap bahwa cahaya yang dipijarkan smartphone juga menyebabkan gangguan ritme alami tubuh seseorang. Hal tersebut dapat memanipulasi tubuh manusia sehingga menggangap waktu masih siang, dengan kata lain dapat membuat pengguna mengalami disorientasi waktu.

Studi lain dalam jurnal “Organizational Behavior and Human Decision Processes” para peneliti menemukan bahwa penggunaan smartphone di atas jam 9 malam dapat menurunkan kuantitas tidur di malam hari, bahkan dapat menyebabkan kinerja di tempat kerja memburuk di pagi hari.

Berikut ini juga merupakan beberapa dampak dari ponsel yang berdekatan dengan tubuh saat tidur:

  1. Mengurangi kemampuan konsentrasi
  2. Membuat sulit tidur
  3. Gangguan sel otak
  4. Ponsel di bawah bantal bisa menyebabkan kebakaran

Memang bukan perkara yang mudah untuk menghindari radiasi pada alat elektronik, karena untuk menjalankan pekerjaan sehari-hariĀ  sudah tentu kita selalu dituntut untuk tetap menggunakan peralatan tersebut. Namun, masih ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untung mengurangi efek buruk dari radiasi semacam ini.

Rajinlah berolahraga, hindari penggunaan alat elektronik secara berlebihan. Rubahlah pola hidup, diantaranya dalam mengunakan laptop atau smartphone. Jangan bermain handphone sambil tidur atau ditempat yang kurang pencahayaannya. Dan ketika kamu hendak tidur, letakkan handphone kamu ditempat yang cukup jauh dan tidak bisa dijangkau oleh tangan agar kamu aman dari radiasi handphone kamu. Hal ini sangat penting ditanamkan sejak dini karena jika tidak, banyak sekali sel dalam tubuh kamu yang akan mengalami gangguang dan kerusakan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.