Fungsi PREFETCH Pada Windows Yang Perlu Kamu Ketahui!

Prefetch

Prefetch Files (file prefetch) adalah sebuah komponen Windows yang mulai ada di Windows XP, dan merupakan bagian dari Memory Manager. Mulai Vista, Prefetch(er) diperluas dengan SuperFetch dan ReadyBoost.

SuperFetch (atau Prefetch itu sendiri) berfungsi meningkatkan kecepatan dalam me-load aplikasi, dengan cara memonitor dan membuat pola (peta) penggunaan aplikasi, kemudian merekam data-data kunci (major data) tersebut ke dalam satu file ber-ekstensi [.pf]. Inilah yang kemudian disebut Prefetch File.

File Prefetch ini disimpan dalam folder C:\Windows\Prefetch, dan setiap file [*.pf] diberi nama sesuai dengan nama aplikasi yang pernah dijalankan. Prefetch Files boleh saja disebut “sampah” karena di dalamnya memang hanya berisi list – daftar nama dan lokasi file yang dibutuhkan untuk me-load suatu aplikasi. Sama sekali bukan berisi script program yang dapat di-eksekusi.

Prefetch 1
Prefetch 1

Tujuan Folder Prefetch..?

Berdasarkan fungsi tersebut, Microsoft menciptakan fitur Prefetch dengan tujuan untuk mempercepat akses ketika membuka program yang sering kamu gunakan, berdasarkan informasi yang telah direkam Windows saat mengakses program tersebut sebelumnya.

Prefetch ibaratnya menjadi sebuah peta, dimana Windows tidak perlu mencari-cari “alamat rumah seseorang” karena sebelumnya telah mencatat dengan lengkap jalan menuju rumah orang tersebut. Tanpa informasi yang ada di Prefetch, maka setiap kali Windows akan menuju ke “alamat rumah seseorang”, maka dia akan menelusuri setiap jalan dari awal lagi, padahal dia sudah pernah menemukan rumah tersebut sebelumnya dan sudah mencatat petanya dengan lengkap.

Lalu apa hubungannya kinerja komputer?

Banyak orang mengatakan, bahwa menghapus file Prefetch secara rutin dapat mempercepat kinerja Windows, Padahal sebenarnya hal itu tidak, Mengapa? karena file Prefetch hanya berisi proses tracking, pencatatan, dan penyimpanan file yang pernah kita buka sebelumnya, hal ini bertujuan hanya sebagai peta atau penunjuk arah saat program tersebut kembali dibuka dan tidak membutuhkan waktu load terlalu lama. Windows memang sudah mendesign untuk mentracking setiap informasi dari aplikasi yang sudah dibuka dan mencatatnya di folder prefetch.

Inilah Fakta-Fakta File Prefetch:

1. Mengosongkan folder Prefetch akan membuat komputer Anda lambat sampai Windows kembali mengumpulkan kembali semua informasi Prefetch, dan ini membutuhkan waktu yang lama dan lambat. Windows otomatis akan membersihkan folder.

2. Prefetch sama sekali tidak menggunakan memori. Menonaktifkannya akan meningkatkan waktu loading programs.

3. Jika file-file dalam folder perfetch dihapus juga tidak masalah, tidak akan menyebabkan kerusakan pada system OS anda, hanya saja kinerja komputer anda akan menjadi lambat.