Hore! Nokia X5 Resmi Meluncur, Dijual Dengan Harga Rp 2 Jutaan

Nokia X5 1

Nokia X5 secara resmi diluncurkan oleh HMD Global di pasar Cina. Ada dua model yang ditawarkan, yakni RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB.

Nokia X5
Nokia X5

Sekilas, keduanya hampir tidak bisa dibedakan. Hanya saja, jika dilihat lebih dekat, ukuran “notch” Nokia X5 lebih besar dan memanjang dibanding Nokia X6. Untuk penampilannya, Nokia X5 memiliki tampilan muka diselimuti bahan kaca yang minim bezel di sisi kanan dan kiri. Di bagian bawah masih tersisa dagu cukup tebal, untuk membubuhkan merek “Nokia”.

Nokia X5 hadir dengan layar berukuran 5,86 inci (720 x 1.520 piksel) dengan rasio aspek 19:9 dan sistem operasi (OS) Android 8.1 Oreo. HMD Global juga menjanjikan smartphone ini siap untuk mendapatkan Android P (Android 9.0) di masa depan.

Nokia X5 disokong prosesor octa-core MediaTek Helio P60, dengan pilihan memori internal 32GB dan 64GB. Selain itu, Nokia X5 memiliki slot kartu microSD untuk menambah ruang penyimpanan dengan kapasitas maksimal 256GB.

Pada panel bagian belakang, HMD Global merangkai Nokia X5 dengan dukungan dual-camera utama 13 MP + 5 MP plus dual-tone flash LED. Dukungan lainnya adalah PDAF, efek foto bokeh, dan tak ketinggalan sejumlah mode fotografi yang juga dilengkapi dengan teknologi AI.

Kamera depan smartphone ini memiliki resolusi 8 MP yang ditopang aperture f/2.0. Guna memanjakan para penyuka selfie, kamera depan Nokia X5 juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik, seperti AI beauty, AI stickers, AI bokeh, dan dual-view shooting. Kamera depan juga bisa digunakan sebagai fitur untuk membuka kunci melalui pemindaian wajah. Meski begitu, Nokia X5 juga masih dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang perangkat.

Nokia X5 dipasarkan dengan harga 999 Yuan atau sekitar Rp2,1 juta untuk model 32 GB, sedangkan model 64 GB dibanderol 1.399 Yuan atau sekitar Rp2,9 juta.