Ingin Berhenti Merokok? Lakukan 8 Cara Ampuh Ini

Ingin Berhenti Merokok Lakukan 8 Cara Ampuh Ini 2

Salah satu hal yang paling sulit dilakukan adalah berhenti dari segala hal yang membuat candu, salah satunya adalah rokok. Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau kering yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung yang lainnya.

Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam saku. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memeringatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan (walaupun pada kenyataannya pesan tersebut sering diabaikan).

Ingin Berhenti Merokok Lakukan 8 Cara Ampuh Ini 1
Ingin Berhenti Merokok Lakukan 8 Cara Ampuh Ini 1

Rokok dapat membuat pecandunya menderita beragam penyakit. Berdasarkan buku yang dituliskan oleh Teddie Sukmana. A.md, berjudul Mengenal Rokok dan Bahayanya (2019), rokok dapat menyebabkan gangguan pernapasan, batuk kering, hingga nyeri pada paru-paru. Selain itu, rokok juga dapat menyebebkan sakit paru-paru, serangan jantung, stroke, kanker, impotensi, dan gangguan kehamilan. Sudah menjadi pemahaman umum bahwa rokok adalah salah satu penyebab utama kanker, terutama kanker paru-paru. Salah satu penyebabnya adalah karena pembakaran rokok menghasilkan TAR. TAR adalah zat beracun yang dihasilkan dari berbagai macam pembakaran tidak sempurna, seperti pembakaran sampah, makanan seperti sate atau daging barbekyu dan pembakaran tembakau. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk berhenti merokok:

1. Fokus Pada Manfaat dan Keuntungan yang Akan Anda Dapatkan

Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari berhenti merokok, seperti:

  • Tubuh yang lebih sehat. Berhenti merokok berarti menurunkan tekanan darah, menurunkan tingkat risiko seraangan jantung, stroke, dan kanker.
  • Adanya dana lebih yang tadinya digunakan untuk membeli rokok.
  • Hilangnya bau mulut tidak sedap akibat rokok.
  • Kulit yang lebih cerah dan bersih.
  • Keluarga termasuk anak-anak di sekitar Anda terhindar dari bahaya merokok secara pasif.
  • Semangati diri sendiri dengan mengingat manfaat-manfaat di atas.
  • Selalu ingat bahaya-bahaya yang bisa muncul akibat rokok.

2. Menjauhi Pemicu

Sedapat mungkin hindari faktor atau kebiasaan yang dapat membuat Anda kembali merokok, seperti berkumpul dengan sesama perokok, minum kopi, atau minum minuman keras. Jika terbiasa merokok setelah makan, Anda bisa mencari cara lain sebagai pengganti, seperti mengunyah permen karet atau menggosok gigi.

3. Mengelola Stres

Stres bisa menjadi salah satu alasan seseorang memilih untuk merokok. Setelah merokok, seseorang merasa rileks. Cobalah beberapa cara untuk meredakan ketegangan, seperti mendengarkan musik, pijat, atau yoga. Selain itu, di awal masa percobaan untuk berhenti, sebisa mungkin hindari situasi yang mendatangkan stres.

4. Minta Dukungan Keluarga dan Teman Dekat

Beri tahu kerabat dan lingkaran pertemanan dekat bahwa Anda sedang dalam proses berhenti merokok. Dukungan orang lain dapat begitu berperan dalam membantu Anda berhenti merokok. Mereka yang akan mengingatkan dan membantu menjaga situasi menjadi lebih kondusif sehingga tujuan lebih mudah tercapai.

5. Sibukkan Dengan Hal Lain Seperti Olahraga

Olahraga dapat membantu mengurangi dan mengalihkan hasrat akan nikotin. Begitu ingin merokok, kenakan sepatu olahraga Anda dan mulailah lakukanb aktivitas olahraga seperti lari, sekadar jalan kaki, atau berenang. Bergabung ke dalam klub kebugaran yang berisi orang-orang yang hidup sehat juga dapat banyak membantu.

6. Mengganti Rokok Dengan Hal Lain

Berhentinya asupan nikotin umumnya membuat seorang perokok merasa frustrasi sehingga sering membuat mereka gagal berhenti merokok. Terapi penggantian nikotin dapat membantu meringankan rasa frustrasi atau gejala putus obat tersebut. Terapi penggantian nikotin sebagai salah satu cara berhenti merokok bekerja dengan melepaskan nikotin dalam kadar rendah secara terus-menerus ke pembuluh darah. Unsur nikotin yang digunakan tidak mengandung tar, karbon monoksida dan bahan kimia berbahaya lain seperti yang terdapat di dalam rokok. Prosedur ini membantu mengurangi hasrat tubuh untuk kembali merokok saat tubuh mulai merasakan hilangnya asupan nikotin. Media NRT beragam, seperti permen karet, plester yang ditempelkan pada kulit, atau tablet, atau bisa dengan cara disemprotkan ke mulut atau hidung.

7. Obat-obatan

Jika cara berhenti merokok di atas belum berhasil, Anda dapat menempuh langkah medis. Dokter dapat meresepkan obat-obatan yang dapat membantu mengurangi hasrat untuk merokok dengan cara memengaruhi proses kimia di otak. Obat ini juga membuat merokok menjadi tidak lagi memuaskan. Tersedia juga obat yang dapat membantu meredakan efek kecanduan seperti depresi dan ketidakmampuan berkonsentrasi.

8. Terus Berusaha dan Berdoa

Berulang kali gagal berhenti merokok adalah kondisi yang umum terjadi. Gagal sekali bukan berarti Anda tidak mungkin berhasil lepas dari rokok. Banyak orang yang akhirnya baru dapat berhenti selamanya setelah mencoba beberapa kali. Selain itu, jangan lupa untuk berdoa. Sebagaimana yang kamu tahu bahwa tidak akan ada arti usaha tanpa doa. Jadi berdoalah kepada Tuhan agar Anda diberi kemudahan dan keberhasilan dalam menjalani upaya-upaya diatas.

Nah, itulah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk berhenti merokok. Jika berhenti seketika terasa sulit, mulailah perlahan-lahan. Sebagai langkah awal, Anda bisa mengurangi frekuensi dan jumlah rokok yang diisap per hari sebagai cara berhenti merokok. Tetapkan target mingguan hingga akhirnya benar-benar bisa terbebas dari efek rokok yang adiktif. Apabila perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut agar cara berhenti merokok Anda lebih tepat dan lebih efektif.