Inilah 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Inilah 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Yang Tidak Diketahui Banyak Orang 1

Madu merupakan salah satu jenis pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah. Madu berupa cairan semacam sirup kental berwarna keemasan dan digadang-gadang memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Sejak zaman dulu madu dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, manfaat madu sudah sangat dikenal dan ampuh. Madu memiliki rasa manis sehingga dapat dijadikan alternatif pengganti gula, dari segi kesehatan tentu madu lebih sehat jika dibandingkan dengan gula. Madu berbentuk cairan yang kental dengan warna kuning, dan coklat. Dan madu sangat umum dijadikan sebagai sumber energi karena memiliki kandungan 64 kalori per sendok makan.

Madu memiliki sifat antibiotik sehingga dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat digunakan dan tanpa adanya efek samping. Madu juga memiliki kandungan nutrasetikal yang efektif mengeluarkan radikal bebas dari tubuh manusia. Sehingga kekebalan tubuh kita akan meningkat dan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Nah, berikut usalan lengkap dari berbagai manfaat madu bagi kesehatan yang harus Anda ketahui:

Inilah 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Yang Tidak Diketahui Banyak Orang 2
Inilah 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Yang Tidak Diketahui Banyak Orang 

1. Meningkatkan Antibodi

Madu asli mengandung antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas dan mencegah banyak penyakit yang menyerang sistem kekebalan dalam tubuh. Madu juga kaya akan antioksidan dan polifenol yang dapat mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan jantung dan kanker.

2. Melancarkan Pencernaan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pengobatan madu dapat membantu gangguan seperti bisul dan bakteri gastroenteritis. Hal ini mungkin terkait dengan manfaat madu yang sangat banyak tersebut. Karena beragam manfaat ini maka sangat dianjurkan untuk mempelajari cara makan rasullulah yang menganjurkan kita untuk lebih menyukai dan membiasakan mengkonsumsi madu setiap hari dalam jumlah yang pas.

3. Kontrol Gula Darah

Meskipun mengandung gula sederhana, namun kandungan madu tidaklah sama dengan gula putih atau pemanis buatan. Kombinasi pasti fruktosa dan glukosa benar-benar membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa jenis madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga tidak mempengaruhi kadar gula darah Anda. Bahkan madu adalah alternatif bagi penderita diabetes untuk memenuhi kebutuhan gula mereka.

4. Menyeimbangkan Kadar Kolestrol dalam Tubuh

Seperti yang telah diketahui, terdapat dua jenis kolestrol dalam tubuh kita, yakni kolestrol baik (HDL) dan kolestrol jahat (LDL). LDL sangat berisiko bagi kesehatan jantung, sedangkan tubuh membutuhkan kadar LDL yang cukup. Dengan mengonsumsi madu, total LDL dalam tubuh akan berkurang. Otomatis kolestrol baik akan meningkat. Sebuah studi membuktikan manfaat madu dengan mengambil sampel 55 pasien. Rata-rata, kadar LDL setiap pasien turun sebesar 5,8 persen dengan peningkatan HDL sebesar 3,3 persen. Menariknya lagi, meski rasanya manis, madu dapat mengurangi berat badan sebesar 1,3 persen.

5. Bagus Buat Wanita Hamil

Karena mengandung vitamin C dan E, protein dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh sehingga potensi untuk dapat hamil lebih tinggi.

6. Membantu Regenerasi Kulit

Sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti oksidan dalam madu asli menjadikannya obat yang biasa untuk memiliki kulit yang sehat. Sifat-sifat ini membantu menjaga kulit tetap halus, lentur dan membantu regenerasi kulit.

7. Memicu Hormon Tidur

Minum madu asli sebelum tidur menyebabkan kadar insulin meningkat dalam jumlah kecil. Insulin dapat merangsang pelepasan tryptophan di otak. Triptophan kemudian diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi serta suasana hati yang baik dan membuat tidur nyenyak.

8. Meningkatkan Stamina

Tahukah kamu sahabat bahwa para Atlet Olimpiade kuno akan makan madu dan buah ara kering untuk meningkatkan penampilan mereka. Ini sekarang telah diverifikasi dengan studi modern, menunjukkan bahwa ini lebih unggul dalam mempertahankan kadar glikogen dan memperbaiki waktu pemulihan daripada pemanis lainnya. Dan madu memang mengandung beberapa zat penting untuk meningkatkan stamina tubuh.