Inilah 9 Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh Yang Banyak Orang Tidak Tahu

Inilah 9 Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh Yang Banyak Orang Tidak Tahu 2

Kelor atau Moringa oleifera adalah tumbuhan yang kaya akan manfaat. Daun kelor telah menjadi obat di Eropa. Bahkan, diproduksi menjadi obat, parfum atau produk kecantikan. Semua bagian kelor bisa dimanfaatkan. Buah kelor yang disebut kelentang, sering digunakan untuk tambahan sayur pada masakan. Bunga kelor yang sangat wangi dproduksi untuk pembuatan parfum sejak lama oleh beberapa produk kecantikan, kemudian daunnya memiliki puluhan khasiat untuk tubuh.

Daun kelor memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut juga dikuatkan dengan hasil yang dikeluarkan oleh Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengatakan bahwa manfaat daun kelor bagi kesehatan di antaranya dapat membantu perkembangan tubuh serta menjadi obat tradisional yang bisa mengobati berbagai macam penyakit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menganjurkan agar anak-anak dan bayi mengkonsumsi daun kelor, karena khasiat tumbuhan ini dapat mencegah dan meningkatkan kekebalan tubuh anak dari gizi buruk. Hal itu telah dilakukan oleh negara Somalia, Etiopia, dan Sudan.

Inilah 9 Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh Yang Banyak Orang Tidak Tahu 1
Inilah 9 Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh Yang Banyak Orang Tidak Tahu 1

Kelor adalah obat kanker, sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Oncology Letters. Adapun kanker yang dapat diobati secara alami dengan mengkonsumsi kelor, yaitu kanker payudara, kanker paru, dan kanker kulit. Hal itu disebutkan karena kelor memiliki antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lan yang mampu menangkal radikal bebas dan menekan pertumbuhan sel kanker. Kelor yang kaya vitamin C dan E, juga mampu melindungi tubuh dan memperbaiki jaringan kulit pada wajah, selain untuk terhindar dar jerawat, kelor bisa meghilangkan secara alami noda hitam, flek hitam pada wajah dan bintik bintik merah karena kelor dapat membersihkan darah kotor.

Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi daun kelor:

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh memegang peranan teramat penting, guna mencegah kedatangan berbagai infeksi virus maupun bakteri pembawa penyakit. Agar sistem kekebalan tubuh selalu berada dalam kondisi yang optimal, dibutuhkan asupan nutrisi yang baik. Salah satunya dengan mengonsumsi daun kelor. Manfaat daun kelor ini hadir berkat kandungan vitamin A, vitamin C dan zat besi didalamnya yang mampu meningkatkan produksi sel darah putih dan sel darah merah, sehingga secara langsung dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

2. Menyehatkan Mata

Seperti yang dikatakan sebelumnya, daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang begitu tinggi, bahkan 4 kali lebih tinggi dibandingkan wortel yang selama ini digadang-gadang sebagai sumber vitamin A. Karena itu, tak heran apabila konsumsi daun kelor setiap hari mampu memberikan efek besar terhadap kesehatan mata.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Kadar kalsium yang 4 kali lebih besar dari susu, di tambah dengan vitamin K dan protein yang begitu besar, membuat manfaat daun kelor semakin mengagumkan. Kalsium, vitamin K dan protein sendiri merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan tulang. Memastikan pertumbuhan tulang tetap sehat sekaligus mencegah dari berbagai jenis gangguan fungsi tulang, seperti osteoporois.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Mumbai, India, ditemukan sebuah hasil yang mengatakan bahwa khasiat daun kelor olahan, baik berupa teh ataupun sayur bisa menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan. Hal tersebut terjadi akibat pemberian obat glibenclamide yang berfungsi untuk meningkatkan sekresi insulin oleh sel beta pankreas. Maka tak heran, jika banyak orang di India yang menggunakan daun kelor sebagai obat herbal dalam menurunkan kadar gula.

5. Bagus Untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui membutuhkan gizi yang cukup agar kesehatan bayi tetap terjaga. Mengonsumsi daun kelor sangat disarankan untuk ibu menyusui yang memerlukan asupan zat besi yang cukup. Selain itu, daun kelor juga baik untuk wanita yang mengalami anemia karena datang bulan. Kandungan zat besi daun kelor sangat tinggi sehingga dapat membantu memulihkan gejala kurang darah. Namun, perlu diingat bahwa daun kelor tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

6. Mengobati Kanker

Dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Oncology Letters, manfaat daun kelor bagi kesehatan yang pertama adalah mengobati kanker. Daun kelor yang sudah diekstrak, yang telah larut dalam air bisa mengobati kanker secara alami. Adapun kanker yang bisa diobati dengan daun kelor mulai dari kanker payudara, kanker paru, hingga kanker kulit. Hal tersebut dikarenakan daun kelor kaya akan antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lainnya yang bisa menangkal radikal bebas serta pertumbuhan sel kanker.

7. Menjaga Fungsi Otak

Banyak orang yang mengeluh memiliki masalah dengan mood atau suasana hati. Beberapa orang mungkin juga memiliki masalah psikis seperti depresi atau lainnya. Terkait dengan hal ini, daun kelor memiliki manfaat yang besar untuk menjaga fungsi otak agar mood dan pikiran tetap stabil. Daun kelor memiliki fungsi sebagai neurotransmitter dan sebagai senyawa tiroid untuk menjaga kestabilan psikis. Artinya, mengonsumsi daun kelor secara teratur akan memperkecil kemungkinan seseorang mengalami depresi atau hal-hal buruk terkait dengan kondisi mood dan psikis.

8. Menurunkan Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, banyak makanan nabati yang secara efektif dapat mengurangi kolesterol. Ini termasuk biji rami, oat dan almond. Kedua studi berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor mungkin memiliki efek penurun kolesterol yang serupa.

9. Penambah Tenaga

Daun kelor dibekali dengan kandungan zat besi juga kalsium yang begitu tinggi. Keduanya berperan penting dalam proses pembentukan energi di dalam sel, sehingga sangat tepat dijadikan sebagai energy booster ketika tubuh sedang mengalami kelelahan karena sakit atau berbagai alasan lainnya.