Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan Yang Belum Banyak Diketahui Oleh Orang

solusiana com

Ciplukan adalah buah-buahan yang mempunyai khasiat yang banyak bagi kesehatan. Namun banyak orang yang masih belum mengetahui manfaat buah ini bagi kesehatan maupun bagi kecantikan untuk para wanita.

solusiana com
solusiana com

Ciri khas pada buah ciplukan ini adalah rasanya yang kecut-manis, mempunyai warna hijau yang apabila sudah masak akan berubah menjadi kuning. Buah ini tumbuh di kebun, tegalan dan semak-semak, karena tanaman ini disebut tanaman liar bagi orang-orang pedesaan. Tanaman ini sangat mempunyai manfaat yang luar biasa, mengapa begitu karena dari akar sampai daun tanaman ini mempunyai manfaat tersendiri.

Namun saat ini buah ciplukan sudah mempunyai harga jual yang tinggi. Harga dalam perkilonya berkisar Rp250-500 ribu. Buah ciplukan ini mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Antioksidan, Glukosa, Alkaloid, Fisalin, Asam malat, Asam sitrun dan masih banyak yang lainnya. Tentunya tak heran lagi mengapa buah ciplukan ini mempunyai banyak khasiat pada kesehatan kita.

Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan :

  • Mencegah Diabetes

Diabetes adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula yang jauh di atas normal. Akan tetapi  penyakit ini bisa di obati dengan tanaman ciplukan, yang mulai dari akar, buah sampai daun mengandung zat senyawa yang mampu menurunkan kadar gula.

  • Mengobati Penyakit Kulit

Nah untuk kalian yang terkena kurap, gatal-gatal dan bisul pada kulit tanaman ini mampu mengatasi masalah itu. Dengan cara ambil daun tanaman ciplukan dan lumatkan sampai lembut, lalu oleskan pada kulit yang terkena penyakit.

  • Menyembuhkan Penyakit Jantung

Buah ciplukan adalah salah satu obat yang dapat menyembuhkan penyakit jantung. Disini  saya akan memberi cara membuat obatnya. Ambillah 40 helai daun ciplukan, lalu cuci sampai bersih dan blender. Kemudian langsung minum dan jangan sampai diberi campuran bahan lainnya.

  • Menyembuhkan Kanker Payudara

Buah ciplukan mengandung senyawa fisalin dan withanolid, senyawa ini bersifat anti kanker dan dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Oleh karena itu buah ini dapat menjadi pengobatan alternative bagi wanita yang mempunyai penyakit kanker payudara.

  • Bisa Membuat Awet Muda

Buah ini mengandung Vitamin C dan Antioksidan sehingga dapat membuat kulit anda terhindar dari kerut dan keriput. Anda bisa mengkonsumsi buah ini setiap hari atau 2 hari sekali.

  • Menurunkan Kolesterol

Buah ini juga mampu mengobati kolesterol. Untuk anda yang mempunyai kolesterol yang tinggi anda bisa memakan daun pada tanaman buah ciplukan ini, hanya dengan dua helai tiga kali sehari dan rutin setiap hari.

  • Mengobati penyakit Asma

Ada dua cara untuk mengobati penyakit asma menggunakan ciplukan ini. Yang pertama mengoleskannya dan yang kedua meminumnya. Untuk cara yang pertama ambil dua helai daun cipluka, lalu campur dengan kapur sirih. Setelah sudah dicampur oleskan pada dada perut dan penggung. Yang kedua ambil lah daun ciplukan, lalu rebus dengan air dan minum air rebusan daun ciplukan tersebut.

Nah sudah sudah tahu kan manfaat buah ciplukan bagi kesehatan maupun kecantikan bagi perempuan tinggal anda mencobanya. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Tunggu postingan selanjutnya guys, tetap di solusiana.com.