Masih Berada di Kampung Halaman? Ini Dia Tips Aman Berkendara Saat Balik Mudik

Ini Dia Tips Aman Berkendara Saat Balik Mudik

Tak lama lagi libur Idul Fitri maupun lebaran ketupat akan berakhir. Sejumlah pemudik mulai meninggalkan kampung halaman dan kembali ke ibu kota guna mempersiapkan diri menjalani aktivitas seperti biasa. Arus balik mudik sudah mulai terlihat di beberapa titik. Entah itu stasiun, terminal, bandara, maupun sejumlah jalur.

Ini Dia Tips Aman Berkendara Saat Balik Mudik
Ini Dia Tips Aman Berkendara Saat Balik Mudik

Ketika beberapa waktu lalu sebagian besar penduduk negeri ini sibuk menyiapkan diri pulang ke kampung halamannya dan mereka tahu persis itu di halaman berapa, kini beberapa orang harus bersiap untuk arus baliknya.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips aman berkendara saat anda mengendarai transportasi pribadi pada saat hendak melakukan aktifitas arus balik. Berikut tips untuk anda agar aman saat berkendara.

Tips Aman Berkendara Saat Balik Mudik :

  • Istirahat Yang Cukup

Tak sedikit orang yang berfokus sampai ke tempat tujuan sesegera mungkin tanpa memerhatikan kondisi fisik tubuhnya. Padahal bisa saja tubuh merasa lelah dan butuh istirahat sejenak. Sebaiknya, jangan paksakan diri untuk tetap berkendara. Apabila mata terasa mengantuk dan tubuh lelah saat mudik, segera cari tempat peristirahatan. Agar tubuh kita menjadi kembali lebih segar.

  • Periksa Kendaraan Sebelum Arus Balik

Sebelum memulai perjalanan, pastikan kendaraan entah itu mobil atau sepeda motor layak pakai. Periksalah tekanan ban dan oli kendaraan. Bagi yang berkendara menggunakan mobil, pastikan air radiator cukup dan membawa ban cadangan. Selain itu, perhatikan selalu tingkat bahan bakar.

  • Selalu Kenakan Sabuk Pengaman

Tentunya untuk memastikan perjalanan aman, pengemudi maupun penumpang harus menggunakan alat pengaman. Bagi yang berkendara dengan mobil, pastikan untuk selalu memasang sabuk pengaman.

  • Gunakan Helm, Jaket dan Sepatu Untuk Pengguna Sepeda Motor

Untuk pengendara sepeda motor, gunakan selalu helm, jaket, dan sepatu. Dengan mengenakan alat pengaman, maka bisa mengurangi risiko terluka selama perjalanan.

Itulah tips aman berkendara ketika anda hendak melakukan arus balik pada saat mudik. Semoga Bermanfaat.