Sering Amandel? Lakukan 6 Tips Ini Untuk Mengobatinya

Sering Amandel Lakukan 6 Tips Ini Untuk Mengobatinya 1

Amandel merupakan suatu gangguan kesehatan yang tentunya sangat mengganggu. Penyakit ini disebabkan karena pembengkakan kelenjar getah bening yang ada di tenggorokan akibat infeksi. Pemicu infeksi ini adalah virus Vieus Epstein-Barr serta bakteri Streptococcus Pyogenes. Cara mengobati amandel tanpa operasi adalah cara aman yang dapat dilakukan. Penyakit amandel terjadi karena adanya peradangan pada bagian amandel yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk melalui mulut. Mengobati amandel dengan segera adalah tindakan yang tepat, karena penyakit ini bisa memengaruhi kondis telinga, hidung dan tenggorokan.

Perlu diketahui, amandel adalah salah satu bagian dari sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri. Namun, amandel bisa mengalami peradangan jika bakteri dan virus yang menyerang terlalu kuat untuk dilawan oleh sistem kekebalan tubuhnya. Kondisi ini dinamakan radang amandel atau tonsillitis. Nah, bagi Anda yang seringkali mengalami kondisi ini bisa melakukan beberapa tips dibawah ini untuk mengatasi amandel:

Sering Amandel Lakukan 6 Tips Ini Untuk Mengobatinya 2
Sering Amandel Lakukan 6 Tips Ini Untuk Mengobatinya 2

1. Ramuan Mengkudu dan Madu 

Cara alami yang pertama mampu mengobati amandel tanpa adanya operasi adalah dengan mengonsumsi ramuan mengkudu dan madu. Kedua bahan dasar yang alami ini berkhasiat mengurangi pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening di tenggorokan. Cara membuat ramuan ini juga cukup mudah. Pertama, siapkan 2 mengkudu dan madu murni secukupnya saja. Peraslah mengkudu ataupun blender sampai halus. Setelah itu, tambahkan air panas sedikit dan saring. Ambil sari airnya dan masukkan ke gelas. Campurkan dengan madu murni, lalu aduklah sampai rata. minumlah ramuan ini secara teratur sebanyak 3x sehari hingga sakit amandel sembuh.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan yang dapat membantu anda menyembuhkan peredangan pada amandel yang anda derita. Jeruk nipis dapat mengurangi peradangan dan infeksi pada amandel anda dan hingga akhirnya akan berangsur sembuh. Cara pembuatan cukup mudah yaitu, peraslah 2 buah jeruk nipis, campurkan air hasil perasan jeruk nipis tersebut dengan air kapur sirih, minumlah larutan ini 3x sehari.

3. Daun Benalu

Daun benalu yang terdapat di pohon jeruk nipis terbukti dapat membantu tubuh anda menyembuhkan peradangan pada bagian amandel. Dengan ditambah Adas Pulo Waras secukupnya, anda sudah bisa membuat ramuan sendiri untuk mengobati peredangan pada amandel. Adapun langkah-langkah pembuatannya yaitu, tumbuk daun benalu dan adas pulo waras sampai halus, saring hasil tumbukan, seduh dengan menggunakan air panas, minumlah air tersebut secara rutin.

4. Mengonsumsi Ramuan Daun Sirsak

Selanjutnya cara mengobati amandel tanpa operasi yaitu dengan mengonsumsi ramuan daun sirsak yang sudah terkenal dengan keampuhannya mengatasi berbagai persoalan kesehatan. daun sirsak ini mampu menyembuhkan penyakit amandel secara efektif dan banyak dipilih oleh sebagian besar orang. Cara membuat ramuannya adalah dengan menyiapkan 10-15 helai daun sirsak yang terbilang sudah agak tua. Rebuslah semua daun tersebut ke dalam air secukupnya sampai mendidih. Saring air rebusan itu dan tuangkan ke dalam gelas. Minumlah air rebusan sebanyak 3 kali dalam sehari dengan teratur.

5. Kulit manggis

Cara mengobati amandel secara alami lainnya yang bisa dicoba adalah dengan kulit manggis. Kulit manggis memiliki banyak kandungan yang bisa menyehatkan tubuh dan bisa melawan berbagai penyakit, salah satunya sebagai obat amandel bengkak. Cara pembuatannya: sediakan kulit manggis dan minyak daun mint. Rebus kulit manggis dengan dua botol air dan tunggu sampai tersisa satu botol air. Kemudian teteskan minyak daun mint dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur-kumur selama beberapa hari sampai peradangan amandel membaik.

 6. Berkumur Air Garam

Mengobati amandel yang paling mudah dilakukan di rumah adalah dengan menggunakan air garam. Berkumur dengan air garam bisa membantu redakan peradangan dan rasa nyeri di tenggorokan karena amandel membengkak. Siapkan satu gelas air hangat dan larutkan kira-kira satu sendok teh garam. Kalau rasanya terlalu kuat, Anda juga bisa mencampurkan satu sendok makan madu alami. Kumur-kumur larutan garam ini sambil mendongak kurang lebih selama 30 detik. Lalu buang airnya, jangan ditelan. Anda bisa berkumur hingga dua kali sehari atau ketika tenggorokan terasa sakit.