Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pada Saat Bulan Puasa

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pada Saat Bulan Puasa

Bagi setiap umat muslim, berpuasa pada bulan Ramadan hukumnya wajib, yakni menahan lapar dan haus karena tidak makan dan tidak minum selama sehari penuh, dari waktu imsak hingga maghrib tiba. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang aktif bekerja.

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pada Saat Bulan Puasa
Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pada Saat Bulan Puasa

Saat puasa, tubuh yang tidak mengonsumsi makanan dan minuman pastinya akan terasa lemas. Kamu seakan-akan tidak punya energi untuk melakukan berbagai aktivitas bahkan jatuh sakit karena tidak terbiasa.

Untuk menjaga tubuh tetap segar dan sehat saat berpuasa, beberapa hal berikut ini perlu kita perhatikan, sehingga dapat membantu meningkatkan kesegaran tubuh pada saat anda berpuasa.

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pada Saat Bulan Puasa :

1. Penuhi kebutuhan cairan

Sebagaian besar tubuh kita terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat kita berpuasa. Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih sehari. Anda bisa memenuhi cairan tersebut saat berbuka puasa hingga saat sahur agar membantu tubuh tetap terhidrasi.

2. Pilih Makanan yang Sehat

Peran makanan sehat sangat penting untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi baik. Terlebih lagi saat puasa, memilih makanan sehat sudah menjadi keharusan. Untuk itu, konsumsilah makanan-makanan yang sehat, banyak mengandung vitamin, mineral, dan lainnya. Dengan begitu, asupan gizi yang dibutuhkan selama berpuasa akan terpenuhi.

3. Tetap Semangat Melakukan Kegiatan

Tetaplah aktif melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk pekerjaan harian anda yang mendatangkan pahala serta olah raga ringan.

4. Olahraga Ringan

Puasa bukan jadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda bisa melakukan olahraga dengan intesitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya.

Itulah tips dari kami untukmenjaga kesehatan pada saat Bulan Puasa. Selamat Mencoba.