Tips Melindungi Komputer Dari Ancaman Para Hacker

Ancaman Hacker

Kasus ancaman hacker ini menjadi topic utama bagi para pengguna teknologi khususnya komputer dimana masyarakat yang notabanenya adalah sebagai user. Oleh karena itu kami berlomba-lomba mengantisipasi dari ancaman hacker dan menunjukkan solusi ke public agar khalayak bisa dengan mudah mengadaptasi metode untuk melindungi komputernya.

Ancaman Hacker
Ancaman Hacker

Perlu kita ketahui penggunaan komputer saat ini telah jadi bagian penting dalam kehidupan modern, oleh karena itu keamanan menjadi sangat penting sehingga keamanan IT semakin berkembang seiring majunya jaman modern. Akan tetapi semakin meningkatnya tips atau cara melindungi komputer maka serangan dari hacker juga semakin banyak. Berikut cara-caranya yang bisa kamu lakukan.

Gunakan Antivirus dan Update Secara Berkala

Antivirus memang sangat penting untuk membasmi virus, tetapi antivirus juga bisa melindungi Anda dari ancaman para hacker. Ini dikarenakan para hacker biasanya menggunakan sebuah virus trojan backdoor untuk membuat akses ke komputer target, sehingga para hacker bisa mengintip apa yang dilakukan, apa yang diketik, dan semua data korban.

Jika kita memasang antivirus, virus trojan backdoor yang dimasukkan ke dalam komputer kita akan terdeteksi dan diblokir secara otomatis oleh antivirus, sehingga hacker akan sulit untuk memasuki komputer kita.

Gunakan Password Proteksi Yang Kuat

Password biasanya digunakan dalam sistem keamanan untuk memverifikasi apakah itu Anda atau bukan. Jika seseorang mengetahui password akun Anda, maka mereka bisa masuk dan merubah akun tersebut tanpa sepengetahuan Anda. Ini sangat berbahaya, terutama bagi privasi Anda, apalagi di dalam akun tersebut ada data penting.

Menghindari Website Hacker

Kamu harus menghindari web mencurigakan. web-web yang mencurigakan ini antara lain situs porno, halaman games, dll. karena banyak sekali masyarakat yang terlanjur mengklik halaman tersebut dan menjadi korban hacker.

Aktifkan Firewall Windows

Jika Kamu tidak memiliki firewall dari pihak ketiga seperti ZoneAlarm, Comodo Firewall dll. Maka sangat dianjurkan untuk Kamu agar mengaktifkan Windows Firewall (dan ini tersedia pada semua versi Windows dari XP ke atas). Firewall ini membantu untuk menjauhkan komputer Kamu dari seranagn virus yang dibuat oleh hacker.