Tips Membuat Performa Komputer Terasa Seperti Baru

Tips Meningkatkan Performa PC

Apakah komputer Anda terasa sangat lambat? Jika iya, hal ini jelas saja menghambat produktivitas dalam bekerja, menyelesaikan tugas, dan berselancar di dunia maya. Dalam menyambut tahun baru, tampaknya komputer lama juga harus kembali seperti ‘baru’ dalam performanya. Untuk mendapatkan performa tersebut, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk kembali mengdongkrak performa komputer.

Tips Meningkatkan Performa PC
Tips Meningkatkan Performa PC

Komputer pada saat ini mungkin bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer terutama untuk pelajar dan pekerja kantoran. Sehingga perlu perawatan yang cukup untuk menjaga agar performanya tidak menurun yang mengakibatkan kurang nyamannya dalam menggunakan komputer tersebut dalam membantu menyelesaikan pekerjaan kita.

Lakukan Disk Cleanup Secara Berkala

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan Disk Cleanup secara rutin. Tujuannya adalah dengan Disk Cleanup dapat menghapus data-data yang tidak diperlukan oleh sistem PC, dan mengosongkan Recycle Bin.

Caranya, pada My Computer, klik kanan pilih Properties, lalu klik menu Disk Cleanup (pada tab General). Pilih bagian drive yang hendak dibersihkan, lalu jalankan Disk Cleanup. Atau bisa dengan mengklik tombol Start => Disk Cleanup.

 

Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Anda perlu melakukan evaluasi terhadap apa yang Anda butuhkan dan apa yang tidak pada komputer anda. Untuk itu, ini saatnya melakukan bersih-bersih pada penyimpanan PC. Pilihlah program yang tidak pernah digunakan dan lakukanuninstall untuk menghemat kapasitas penyimpanan.

Caranya, buka Control Panel Pilih Uninstall Program Centang pilihan Last Used On untuk mencari tahu aplikasi mana yang paling jarang digunakan lalu Klik kanan, pilih Uninstall.

 

Mengganti Hard Disk Dengan SSD

Untuk meningkatkan kinerja PC, hal penting yang harus dilakukan adalah melakukan upgrade sistem penyimpanan internal ke SSD. Sebagai perbandingan 10.000 RPM HDD memiliki kecepatan 140MB/detik, sedangkan WD Blue 3D NAND sudah memiliki kecepatan hingga 560MB/detik.

 

Pindahkan File-File Besar ke Hard Drive Eksternal

Agar hard drive bawaan pada komputer kamu tidak terlalu disesakkan oleh file-file yang ada, ada baiknya Anda pindahkan ke hard drive eksternal. Selain membuat hard disk bawaan bisa ‘bernafas’ lega, dari sisi keamanan juga akan lebih bermanfaat jika suatu saat komputer kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.