Tips Memilih Power Bank Yang Bagus

Cara Memilih Power Bank Yang Bagus

Power Bank adalah perangkat yang dirancang khusus untuk membantu memberikan suplai energi listrik bagi baterai handphone, tablet, dan mobile gadget lainnya. Kehadiran power bank seakan-akan menjadi satu perangkat vital bagi para pengguna smartphone yang suka beraktivitas di luar ruangan. Saat ini ada seratusan jenis produk power bank yang beredar di pasaran, baik yang original maupun abal-abal dengan harga murah meriah. Hampir 89% power bank yang beredar di pasar elektronik dibuat oleh negara China, apapun itu mereknya.

Cara Memilih Power Bank Yang Bagus
Cara Memilih Power Bank Yang Bagus

Smartphone di zaman sekarang memang bukan barang mewah lagi hampir setiap orang sudah memiliki smartphone pribadinya, mulai dari komunikasi sampai urusan pekerjaan dapat di selesaikan menggunakan smartphone, tak heran jika manusia di zaman sekarang dalam kesehariannya memiliki ketergantungan terhadap smartphone.

1. Sesuaikan Powerbank dengan Kapasitas Baterai Ponsel Anda

Ketika berencana untuk membeli powerbank, yang pertama perlu diperhatikan adalah kapasitas baterai smartphone kamu, kemudian sesuaikan dengan kapasitas daya pada powerbank. Sebaiknya pilih powerbank yang kapasitas daya baterainya dua kali lipat daripada ponselmu. seperti contoh jika anda memiliki smartphone yang kapasitas battery-nya 1.500 mAh maka sebaiknya anda membeli powerbank dengan kapastita 3.000 mAh, atau bahkan dengan kapasitas di atasnya yang lebih besar lagi.

2. Cek Nilai Arus Powerbank, Samakan dengan Ponselmu

Arus daya memiliki peran yang penting dalam penggunaan smartphone. Semakin besar arus daya yang dialirkan, maka semakin cepat pula baterai smartphone akan terisi. Apalagi zaman sekarang banyak sekali gadget yang menghadirkan fitur fast charging. Oleh karena itu, sebelum membelinya, cek terlebih dahulu nilai arus powerbank yang ingin kamu beli, lalu samakan dengan arus daya ponselmu.

Jika arus yang dibutuhkan 2A, maka pastikan kamu membeli dengan nilai arus yang sama. Hal ini bertujuan agar pengisian baterai oleh powerbank dapat berjalan normal. Penyamaan arus tersebut akan mempengaruhi umur baterai, sehingga lebih awet. Kamu dapat melihat nilai arus pada kemasan powerbank dan kardus ponsel atau biasanya terdapat pada keterangan kepala charger.

3. Pilih Powerbank dengan Merek Asli dan Original

Jangan mudah tertipu dengan harga. Ingat selalu, ada harga, ada kualitas. Ketika kamu ditawarkan powerbank berkapasitas besar dengan murah, jangan langsung membelinya. Bisa jadi barang itu palsu. Logikanya, tidak mungkin kapasitas besar dijual murah. Terkadang baterai yang digunakan adalah baterai rekondisi yang tentunya akan membahayakan perangkat kamu.

Pemilihan sel pada baterai juga tak kalah pentingnya, sebenarnya ada dua jenis sel baterai yang biasanya dipakai oleh produsen power bank untuk ditawarkan kepada konsumenya, biasanya mereka menggunakan Li-po dan Li-Ion. Jenis sel baterai tersebut memiliki kelebihan yang berbeda-beda, contohnya ketika baterai dengan jenis Li-po yang ada pada sebuah power bank akan lebih unggul dibandingkan dengan baterai jenis Li-Ion.

4. Pilih Sesuai Budget

Nah yang terakhir setelah beberapa poin di atas kemudian sesuaikan dengan budget anda, jika anda mempunyai budget rendah sebaiknya anda memilih power bank yang harganya tergolong kategori menengah kebawah ada beberapa brand unggulan yang juga menawarkan produknya dengan harga yang bersahabat.