Tips Mengatasi Kerusakan Pada MicroSD

Tips Mengatasi Kerusakan Pada MicroSD

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai bagaimana cara mengatasi MicroSD yang rusak. Micro SD adalah SD memory card berukuran 11 x 15mm dan paling banyak dipergunakan pada Smartphone sebagai penyimpanan eksternal.

Tips Mengatasi Kerusakan Pada MicroSD
Tips Mengatasi Kerusakan Pada MicroSD

Kapasitas memori internal Smartphone yang terbatas membutuhkan dukungan dari penyimpanan eksternal. Oleh karena itu MicroSD ini membantu ruang penyimpanan lebih besar pada Smartphone. Anda dapat menyimpan file foto, document dan semacamnya.

Sebagai perangkat penyimpanan eksternal pada Smartphone tentu tidak jauh dari yang namanya masalah. Masalah yang sering terjadi biasanya MicroSd yang tidak terbaca. Nah untuk anda yang mengalami masalah atau kerusakan pada MicroSD anda dapat melihat tips berikut ini.

Tips Mengatasi Kerusakan Pada MicroSD :

  • Tips pertama yaitu bersihkan bagian luar MicroSD yang mengalami kerusakan. Keluarkan MicroSD tersebut dari slot Smartphone anda. Bersihkan kuningan MicroSD tersebut dengan menggunakan penghapus pensil, cotton atau kain microfiber. Usab bagian kuningan atau lempengan tembaga tersebut dengan sentuhan yang perlahan. Setelah itu pasang kembali MicroSD pada Smartphone anda.
  • Tips yang kedua yaitu dengan cara melakukan penghapusan data secara total yang ada pada MicroSD anda. Untuk caranya yaitu masuk pada menu setting, setelah itu pilih storage, pada menu storage tersebut, pilihlah opsi Erase SD Card. Maka MicroSD akan kembali ke pengaturan pabrik tanpa ada file yang tersisa.

Itulah tips untuk mengatasi kerusakan pada MicroSD, anda dapat mencoba tips di atas untuk mengatasi kerusakan pada MicroSD anda. Selamat Mencoba…!!!